Wajib Tahu! Ini Manfaat Sea Salt untuk Berat Badan dan Diet

Masakan belum lengkap jika belum ditambahkan garam, oleh karena itu garam menjadi salah satu bahan masakan atau bumbu dapur yang penting untuk ditambahkan pada setiap hidangan. 

Namun, faktanya garam laut (sea salt) memiliki segudang manfaat lain selain untuk makanan. Bahkan garam juga bermanfaat dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Salah satunya adalah untuk manajemen berat badan atau buat siapapun yang sedang menjalani diet. Lalu, apakah klaim garam laut benar untuk diet? Yuk, simak artikel berikut ini hingga akhir untuk cek faktanya! 

Kandungan Nutrisi Sea Salt

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa proses pembuatan sea salt tidak terlalu panjang dan diproses melalui cara alami. Oleh karena itu, kandungan sea salt diklaim lebih banyak nutrisi dibandingkan jenis garam lainnya. 

Sea salt mengandung lebih banyak magnesium, potasium dan kalium. Jika dibandingkan dengan jenis garam lainnya, sea salt memiliki bentuk seperti kristal dan lebih besar. Sehingga, satu sendok sea salt akan terlihat lebih sedikit. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi kandungan gizi sea salt yang lebih banyak. Hal inilah yang menyebabkan sea salt sedikit lebih mahal dibandingkan garam lain/ 

Benarkah Sea Salt Bermanfaat untuk Diet? 

Dari penjelasan sebelumnya, lantas apakah benar sea salt lebih baik untuk diet? Jawabannya, sea salt bisa digunakan untuk diet dengan konsumsi yang sesuai batasnya. Sebab, konsumsi garam yang berlebihan untuk diet justru tidak baik untuk kesehatan, bahkan akan berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan jantung. 

Batas konsumsi maksimal garam yang benar sekitar 2.300 mg atau setara dengan satu sendok teh. Namun, lebih ideal lagi jika Anda mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 gram per hari, apalagi jika memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Meskipun, sea salt mengandung tinggi sodium, banyak nutrisi, dan lebih alami sehingga baik untuk diet, Anda tetap perlu membatasi konsumsinya. Supaya tidak menimbulkan resiko kesehatan lain. 

BACA JUGA: PERBEDAAN GARAM LAUT DAN GARAM MEJA YANG PERLU DIKETAHUI

Cara Diet dengan Garam yang Benar dan Aman

Ada beberapa cara diet garam yang benar dan aman, supaya kadar garam dalam tubuh tetap terkontrol, berikut cara-caranya: 

1. Imbangi dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Selain memilih sea salt yang berkualitas tinggi dan bernutrisi, selama diet pastikan untuk mengimbagi dengan makan buah dan sayur. Anda bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan sodium yang rendah seperti, pisang, jeruk nipis, apel, selada, brokoli, dan lain sebagainya. 

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Rendah Garam 

Meski sea salt diklaim baik untuk diet, namun konsumsinya tetap harus diperhatikan. Salah satu caranya dengan memilih makanan dan minuman yang rendah garam. Pastikan cek kandungan sodium garam kurang dari 140 mg per produknya. Agar lebih aman dan sehat, Anda juga bisa berkreasi dengan garam pada masakan Anda

3. Kurangi Penggunaan Saus dan Bumbu

Selama diet, Anda juga bisa mengontrol konsumsi garam agar tetap dalam batas dengan mengurangi penggunaan saus dan bumbu. Sebagai gantinya, bisa menggunakan oregano, thyme, jahe, ketumbar, air lemon atau lada. 

Itu dia fakta-fakta mengenai manfaat sea salt untuk mengontrol berat badan dan diet. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sea salt memang diklaim lebih natural, bernutrisi dan baik untuk diet dibandingkan dengan jenis garam lainnya. Namun, dalam konsumsinya harus dibatasi agar tidak berlebihan dan justru menimbulkan risiko kesehatan. 

Selain itu, pastikan memilih sea salt yang berkualitas seperti PURA Sea Salt. Diproses secara alami tanpa proses rafinasi, 100% natural dan tanpa penambahan bahan kimia apapun, sehingga sudah terjamin kaya akan mineral dan rendah natrium. Selain itu, PURA Sea Salt juga gluten free dan non GMO, sehingga aman untuk menemani perjalanan diet Anda. Info lebih lanjut bisa dicek disini!