FREQUENTLY ASKED QUESTIONS
About PURA The Purest
  1. APAKAH PRODUK INI HALAL?
    Produk PURA terbuat dari bahan-bahan yang halal.
  2. APAKAH PRODUK PURA SUDAH TERSERTIFIKASI ?
    Ya produk Pura sudah tersertifikasi Food Safety (ISO 22000:2005 & HACCP), Halal dan Non GMO.
  3. APA PRODUK PURA AMAN DIGUNAKAN UNTUK SEMUA UMUR ?
    Ya karena semua produk Pura all natural ingredients, natural proccess, tanpa pengawet, tanpa filler, tanpa MSG, non GMO dan gluten free. Takaran natriumnya pun lebih rendah jika dibandingkan dengan garam meja biasa, jadi tentu aman dikonsumsi mulai bayi usia 6 bulan.
  4. APAKAH SAYA DAPAT MEMBELI PRODUK PURA SECARA OFFLINE?
    Ya, tentu bisa. Produk PURA juga dapat dibeli secara offline.
  5. BAGAIMANA CARA MENJADI RESELLER/DISTRIBUTOR PURA ?
    Untuk informasi mengenai reseller silahkan email kami di contact@puraindonesia.com dengan menyertakan company profile dan inquiry.
  6. BAGAIMANA CARA MENYIMPAN PRODUK PURA ?
    Simpan produk di tempat yang kering dan sejuk. Gunakan sendok kering untuk mengambil produk dan tutup rapat kembali setelah digunakan. Jika produk menggumpal tidak masalah karena kami tidak menggunakan anti caking (anti gumpal). Produk yang menggumpal bisa dihaluskan kembali dengan menggunakan sendok kering.
PURA Himalayan Salt
  1. APA ITU PURA HIMALAYAN SALT ?
    Pura himalayan salt adalah garam sehat, natural dan rendah natrium. Bebas dari bleaching dan bahan tambahan kimia.
  2. APA MANFAAT ATAU KELEBIHAN PURA HIMALAYAN SALT ?
    Manfaat himalayan salt selain menambah cita rasa pada makanan, himalayan salt banyak mengandung mineral yang baik bagi tubuh karena berasal dari laut jutaan tahun lalu yang ditambang di gunung jadi semua prosesnya natural. Kandungan natrium dalam himalayan salt juga lebih rendah dari garam biasa, sehingga lebih baik untuk penderita darah tinggi.
  3. APA BEDANYA GARAM HIMALAYA DENGAN GARAM MEJA DAN GARAM LAUT ?
    Bedanya kalau garam meja melalui proses pencucian dan pengeringan yang menyebabkan hilangnya iodin alami/yodium dalam garam dan akhirnya ditambahkan yodium buatan dan zat kimia lain seperti anti caking yang membuat garam meja ini identik dengan garam refined. Untuk garam laut itu bagus, tetapi juga tergantung dari laut mana. Karena kita juga tau sendiri laut sekarang berpolusi. Kalau garam himalaya berasal laut jutaan tahun lalu yang ditambang di gunung, sehingga bebas dari polusi. Semua prosesnya juga natural, tanpa penambahan kimia, serta memiliki banyak kandungan mineral yang baik bagi tubuh. Meskipun diklaim natural, baiknya cari yang bersertifikasi food safety (HACCP) agar mendapat garam yang berkualitas.
  4. APA BEDANYA PURA HIMALAYAN SALT DENGAN HIMALAYAN SALT LAINNYA ?
    Bedanya Pura dengan garam himalaya lainnya, dari pemilihan rock salt Pura hanya menggunakan kualitas rock salt terbaik (Grade AAA dan AA). Jadi dari pemilihan bahan, proses produksi, hingga proses pengemasan telah dilakukan secara terintegrasi di pabrik kami dan telah memenuhi sertifikasi internasional ISO 22000:2005 dan HACCP untuk food safety. Meskipun garam himalaya diklaim natural, baiknya cari yang bersertifikasi food safety (HACCP) ya, agar bisa mendapat garam yang berkualitas.
  5. APA HIMALAYAN SALT MENGANDUNG YODIUM ?
    Pura himalayan salt sudah mengandung iodine/yodium alami ya. Semua yang dinamakan organik/natural salt yodiumnya tidak akan sebanyak Garam Meja (yang mana sudah ditambahkan yodium tambahan; buatan). Makanya, organic salt bisa disebut Unrefined Salt, sedangkan garam meja disebut Refined Salt.
  6. BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN PURA HIMALAYAN SALT ?
    Penggunaannya bisa digunakan saat memasak pada umumnya ya. Bisa ditambahkan ketika proses memasak atau ketika masakan akan disajikan.
  7. APA KANDUNGAN PURA HIMALAYAN SALT TIDAK HILANG SAAT DIMASAK ?
    Kandungannya tidak hilang.
  8. APA PURA HIMALAYAN SALT BISA UNTUK DETOKS ?
    Bisa, untuk detoks bisa dengan Sole water. Berikut cara membuatnya: - Masukkan garam ke dalam Jar atau gelas kaca (Gunakan bahan non logam), diaduk lalu diamkan semalaman. - Keesokan paginya ambil 1 sendok teh air sole dan masukkan ke dalam 1/2 atau 1 liter air. Jika masih terasa asin bisa tambahkan air lagi sampai mendapatkan rasa yang sesuai (tidak keasinan dan tidak tawar) - Diminum pagi hari saat perut kosong. Air putihnya bisa air biasa atau air hangat. Sisa sole water bisa dipakai disimpan lagi di suhu ruangan atau kulkas dan bisa dikonsumsi sampai habis. Selamat mencoba :) For video: https://www.instagram.com/p/BuC9piahZZN/?igshid=8a987hd2y9fb
  9. APA PURA HIMALAYAN SALT AMAN UNTUK HIPERTENSI ?
    Iya aman karena pura himalayan salt ini natural dan natriumnya lebih rendah dari garam meja biasa. Namun untuk pemakaian tetap perlu dibatasi, bisa disesuaikan dengan anjuran/ takaran natrium yang disarankan oleh dokter/ nutrisionistnya ya.
PURA All Purpose Seasoning
  1. APA ITU PURA SEASONING ?
    Pura seasoning untuk bumbu penyedap masakan ya. Terbuat dari ekstrak daging sapi/ ayam kampung, Pura himalayan salt dan rempah-rempah (bawang putih, bawang merah, lada, pala). Semuanya ingredientsnya natural, tanpa gula, tanpa MSG, tanpa pengawet, tanpa filler (seperti tepung sebagai pemberat, cn: maltodekstrin), gluten free, dan non GMO. Selain itu pura seasoning 0 carb, 0 fat, 0 cal dan low natrium.
  2. APA PURA SEASONING SAMA DENGAN KALDU ?
    Pura seasoning terbuat dari ekstrak daging sapi/ ayam kampung secara keseluruhan, bukan hanya kaldu yang direbus. Jadi beef atau chickennya lebih berasa dan dibuat kaldu juga bisa. Untuk membuat kaldu menggunakan Pura seasoning silahkan klik link berikut ya: https://www.instagram.com/tv/BulWm42BGgJ/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=ipo5owdj7lz
  3. MENGAPA PURA SEASONING MENGANDUNG 0 CARB, 0 FAT, 0 CAL KAN BAHAN YANG DIGUNAKAN ADALAH DAGING ?
    Untuk takaran saji bumbu pada umumnya hanya 1/4tsp. Sedangkan untuk 100g daging utuh, hanya mengandung beberapa gram protein. Jadi dalam hasil lab sesuai dengan aturan bpom tidak muncul. Justru anomali kalau bumbu sesedikit itu muncul. Kecuali bumbu tsb bahanya pakai tepung, gula, maltodex ya, karena kandungan fat dan carbo yang tinggi, maka calorie juga keluar. Karena pada umumnya bumbu yang baik tidak memberikan nutritional value karena nutritional value seharusnya datang dari makanan yang dimakan.
  4. APA DAGING YANG DIGUNAKAN PADA PURA SEASONING ORGANIK ?
    Ya. Pura seasoning menggunakan ayam kampung dan daging sapi yang grass feed, jadi pasti alami ya dan sudah bersertifikat Non GMO.
  5. BAGAIMANA CARA PENGGUNAAN PURA SEASONING ?
    Pemakaiannya bisa langsung ditambahkan saat memasak. Biasanya ¼ sendok makan sudah cukup untuk 1 porsi.
  6. APA PERLU DITAMBAHKAN GARAM LAGI JIKA SUDAH MENGGUNAKAN PURA SEASONING ?
    Komposisi Pura seasoningnya sendiri sudah mengandung Pura himalayan salt, tetapi bisa juga ditambahkan garam lagi hingga mendapatkan rasa yang sesuai selera ya.
  7. MENGAPA PURA SEASONING MENGGUMPAL DAN APA MASIH BISA DIGUNAKAN ?
    Produk Pura Seasoning 100% natural sehingga tidak menggunakan anti caking. Apabila saat pemakaian terlalu sering kontak dengan udara (kemasan terlalu lama terbuka/kurang rapat menutup kemasan) dan menggunakan sendok basah maka bisa menggumpal. Selama warna & rasa tidak berubah dan belum melewati tanggal best before masih aman digunakan.
  8. APA PURA SEASONINGNYA BISA DIGUNAKAN UNTUK MPASI ?
    Bisa karena all natural ingredients, tanpa pengawet, tanpa filler, tanpa MSG, non GMO dan gluten free ya. Meskipun Pura seasoning mengandung garam himalaya tetapi kadar natriumnya rendah sehingga aman untuk bayi.
  9. BERAPA TAKARAN PURA SEASONING UNTUK MPASI ?
    Takaran untuk MPASI maksimal 1/4 sendok teh (1 gram) ya.
PURA Food Powder
  1. APA ITU PURA FOOD POWDER WHITEBAIT DAN ANCHOVY ?
    Pura food powder Whitebait dan anchovy 100% terbuat dari teri asli yang dibubukkan tanpa tambahan garam dan rempah-rempah. Jadi pure ikan teri saja. Biasa digunakan sebagai taburan untuk mpasi dan bisa juga sebagai bumbu masak *(MPASI= makanan pendamping asi, jadi ditaburkan seperti abon)*.
  2. APA KELEBIHAN PURA FOOD POWDER DENGAN YANG LAIN ?
    Pura Food powder dijamin tanpa formalin dan pemutih karena lebih dari 80% teri di pasaran mengandung formalin dan pemutih.
  3. APA BEDA WHITEBAIT DAN ANCHOVY ?
    Beda whitebait dan anchovy adalah di ikannya. Whitebait dari teri nasi/ teri lebih kecil. Kalau anchovy dari teri lebih besar. Dari segi rasa sama asinya pas, bedanya kalau whitebait lebih gurih, kalau anchovy aromanya lebih harum. Dari segi gizi untuk whitebait lebih tinggi di omega3 dan DHA, sedangkan anchovy lebih tinggi di kalsiumnya.
  4. APA BEDANYA PURA FOOD POWDER DENGAN PURA SEASONING ?
    Kalau seasoning terbuat dari ekstrak daging sapi/ ayam kampung, Pura himalayan salt dan rempah. Kalau food powder 100%terbuat dari teri asli yang dibubukkan, tanpa garam himalaya, dan rempah.
  5. BERAPA TAKARAN PURA FOOD POWDER UNTUK MPASI ?
    Takarannya sekali makan cukup ½ sendok teh (2gram) dan maksimal 2x sehari (4gram).
  6. GIZINYA LEBIH TINGGI YANG MANA ANTARA ANCHOVY DAN WHITEBAIT ?
    Kalau untuk protein dan kalsium lebih banyak di anchovy. Kalau DHA dan Omega3 lebih banyak di whitebait. Tapi keduanya baik anchovy dan whitebait ini sama-sama mengandung protein, kalsium, zat besi, DHA, dan Omega3. Anchovy 51 gram – Whitebait 45 gram. Secara Kalsium Anchovy 135% – Whitebait 95%. Secara Omega3 Anchovy 470 mg– Whitebait 585 mg. Secara DHA Anchovy 368 mg– Whitebait 426 mg.
  7. APA PURA FOOD POWDER ANCHOVY DAN WHITEBAIT BISA DIGUNAKAN UNTUK MENAMBAH NAFSU MAKAN ?
    Kalau anak-anak yang tidak suka makan yang tawar diberi anchovy dan whitebait biasanya akan suka. Karena rasanya yang asin gurih alami, tanpa tambahan garam. Tidak perlu kawatir juga dengan rasa asinya, karena 1 botol dari 1,5 kg teri segar. Jadi wajar kalau rasanya asin tanpa tambahan garam.
  8. IKAN TERINYA SUDAH ASIN ATAU DIASINKAN ?
    Teri yang digunakan untuk food powder yaitu teri segar ya, bukan diasinkan. Awalnya sebelum diolah memang teri tidak asin, bisa muncul rasa asin setelah menjadi powder karena semua seafood mengandung sodium saat tinggal di laut yang mengandung garam. Sehingga kalau sudah didehidrasi (dibuang semua kadar airnya) teri akan menjadi asin.
  9. SEBELUM DIKONSUMSI, PURA FOOD POWDER APA PERLU DIMASAK DULU ?
    Tidak perlu ya karena teri yang kami gunakan sudah melalui proses masak/pematangan.
  10. APA PURA FOOD POWDER BISA DIGUNAKAN SEBAGAI PENGGANTI KECAP IKAN ?
    Bisa ya.