Resep Cumi Cabe Garam ala Restoran Chinese Food

Bagi penggemar seafood ala restoran Chinese, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan menu cumi cabe garam. Membayangkan aroma sari laut dari cumi-cumi yang berpadu dengan rasa pedas dan asin sukses bikin ngiler. Tapi tenang, nggak perlu jauh-jauh ke restoran chinese food, Anda bisa membuat sendiri menu yang satu ini di rumah. Berikut resep cumi cabe garam ala restoran chinese food yang bisa Anda coba!

Resep Cumi Cabe Garam Ala Chinese Food

Cumi cabe garam adalah salah satu chinese food yang praktis dan mudah dibuat di rumah. Bahannya juga pasti ada di rumah. 

Bahan

  • 300 gram cumi-cumi, cuci bersih
  • 1 sdm tepung maizena
  • Tepung serbaguna secukupnya
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdm cabai merah cincang
  • 1 sdm daun bawang cincang
  • 1 sdm Pura Sea Salt (Coarse)
  • Pura Kaldu Jamur secukupnya
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat

  1. Lumuri cumi-cumi dengan tepung maizena lalu tambahkan tepung serbaguna. Goreng dengan api besar hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, cabai merah, dan daun bawang hingga harum dan kering.
  3. Masukkan cumi goreng ke dalam wajan, tambahkan garam dan aduk rata
  4. Cumi cabe garam siap disajikan dan disantap bersama nasi hangat. 

Tips Membuat Cumi Cabe Garam

  1. Pilih cumi-cumi segar berukuran sedang atau besar yang tidak sedang bertelur. Lalu cuci bersih agar tidak ada tinta yang tertinggal
  2. Sebelum dibalur tepung, beri perasan air jeruk nipis dan baking soda untuk menghilangkan bau amis dan membuatnya jadi lebih empuk
  3. Gunakan minyak bersih dan api besar saat menggoreng agar cuma tidak menyerap banyak minyak
  4. Jangan goreng cumi terlalu lama agar tidak alot. 
  5. Gunakan api kecil saat menumis bawang dan cabai agar tidak gosong dan pahit.

BACA JUGA: BEDA ULTRA PROCESSED FOOD, JUNK FOOD DAN INSTANT FOOD SERTA EFEKNYA PADA TUBUH

Bahaya Garam Berlebih pada Chinese Food

Selain menggunakan wok khusus untuk menghadirkan aroma char yang khas, ternyata kunci kelezatan chinese food juga terletak pada aneka saus dan MSG yang mereka gunakan. 

Jangan kaget, sejak dulu masakan Chinese memang terkenal dengan penggunaan MSG yang cukup banyak. Sampai-sampai ada istilah Chinese restaurant syndrome dalam dunia medis untuk menggambarkan serangkaian gejala akibat mengonsumsi MSG. 

Padahal sama seperti garam dan gula, penggunaan MSG juga sebaiknya tidak melebihi batas yang direkomendasikan. Itu karena MSG juga mengandung natrium yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Terlepas dari fakta bahwa MSG mengandung natrium 27 persen lebih rendah dibanding garam. 

Belum lagi produk-produk seperti kecap, saus, dan minyak yang digunakan juga sudah mengandung MSG dalam jumlah tertentu.

Nah, setelah mengetahui bahaya di atas tapi Anda tetap jatuh cinta dengan aneka chinese food, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol jumlah garamnya. 

Pertama, kurangi frekuensi menyantap hidangan yang satu ini. Kedua, kurangi penggunaan bahan-bahan di atas atau menggantinya dengan garam natural dan seasoning powder dari Pura Indonesia agar masakan Anda lebih sehat

Sebagai brand yang berkomitmen menghadirkan kemurnian alam dalam setiap sajian, PURA hanya menggunakan bahan-bahan alami tanpa tambahan zat kimia ataupun zat buatan lainnya. Sudah pasti jadi langkah tepat bagi Anda yang menginginkan pilihan terbaik untuk keluarga.