Segudang Manfaat Sea Salt untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Sea salt atau garam laut, telah menjadi bahan populer dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya digunakan dalam dunia kuliner, sea salt juga menjadi bahan penting dalam berbagai produk kesehatan hingga perawatan kulit. Dengan manfaat yang beragam, sea salt kini semakin diminati oleh banyak orang untuk keperluan kesehatan dan diet sehat.

Sea salt dihasilkan dengan cara menguapkan air dari lautan atau danau garam sehingga meninggalkan endapan garam. Berbeda dengan garam meja yang ditambang dari simpanan garam di dalam bumi dan diproses secara besar-besaran, sea salt mempertahankan banyak mineral alami karena tidak diproses berlebihan. Inilah yang membuat sea salt memiliki sifat terapeutik yang unik dan bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

Kandungan Sea Salt yang Baik untuk Tubuh

Sea salt mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain:

  • Magnesium: Membantu menjaga kesehatan jantung dan tulang, serta mengatur kadar gula darah.
  • Kalsium: Penting untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Natrium: Menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi saraf.
  • Zinc: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka.
  • Kalium: Mengatur tekanan darah dan fungsi jantung.
  • Belerang: Memiliki sifat detoksifikasi yang membantu membersihkan racun dari tubuh.

Manfaat Kesehatan Sea Salt

Setelah mengetahui kandungan sehat pada sea salt, tidak heran jika sea salt memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut diantaranya:

1. Eksfoliasi Kulit

Sea salt sering digunakan sebagai bahan utama dalam produk eksfoliasi kulit. Partikel garam membantu mengelupas sel-sel kulit mati, menjadikan kulit lebih halus dan bercahaya. Untuk menghindari iritasi, pilihlah sea salt dengan tekstur halus agar tidak menggores kulit.

2. Mengurangi Stres

Terapi mandi dengan sea salt, atau dikenal sebagai thalassotherapy, dapat memberikan efek relaksasi yang signifikan. Mandi air hangat yang dicampur sea salt membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Praktik ini telah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi kuno.

3. Detoksifikasi Kulit

Sea salt memiliki kemampuan alami untuk menyerap racun dari kulit. Dengan membuat pasta dari sea salt dan air, kemudian mengaplikasikannya pada kulit sebelum mandi, Anda dapat membersihkan pori-pori dan mengangkat kotoran serta racun yang menumpuk di kulit. Ini juga membantu mengelupas sel-sel kulit mati.

4. Menyeimbangkan Produksi Minyak pada Kulit

Sea salt membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga kulit tidak menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering. Ini menjadikan sea salt pilihan yang baik untuk perawatan kulit sehari-hari, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi.

BACA JUGA: WAJIB TAHU! INI MANFAAT SEA SALT UNTUK BERAT BADAN DAN DIET

 

5. Mengurangi Kemerahan dan Inflamasi

Mineral seperti magnesium dan zinc dalam sea salt memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang berjerawat atau iritasi.

6. Stimulasi Aliran Darah

Menggosok kulit dengan sea salt atau berendam dalam air garam dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini membantu mengurangi rasa pegal pada otot dan sendi, serta meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Manfaatkan Menambahkan Sea Salt

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sea salt memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Mulai dari mendukung fungsi tubuh, memperkaya kandungan nutrisi, hingga meningkatkan cita rasa makanan, sea salt adalah pilihan alami yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga memperkaya pengalaman kuliner Anda ke next level!

Anda bisa mencoba menambahkan sea salt ke dalam berbagai hidangan untuk mendapatkan manfaatnya. Misalnya, dengan menambahkan Pura Sea Salt ke dalam masakan atau bahkan minuman favorit Anda dan keluarga. Pura Sea Salt hadir dalam dua variasi, yakni butiran kasar (coarse) dan halus (fine), yang keduanya diproses secara 100% natural tanpa rafinasi atau penambahan zat kimia buatan.

Dengan memilih Pura Sea Salt, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan dari sea salt, tetapi juga menjaga keaslian dan kualitas alami dari setiap butir garam. Jadi, kenapa tidak mencoba menambahkan sea salt ke dalam pola makan sehat Anda dan keluarga?