Cara Memilih Garam Laut yang Baik untuk Masakan

Memilih garam laut berkualitas tentu tidak bisa sembarangan. Pasalnya garam adalah salah satu bahan penting untuk memperkaya cita rasa makanan. Bahkan, ada istilah dalam lagu "bagai sayur tanpa garam" yang berarti makanan akan terasa hambar, dan tidak lezat di lidah jika tidak ditambahkan garam. 

Saat ini, banyak produsen garam laut yang menawarkan produknya, sehingga Anda pun bisa membelinya dengan mudah bisa dari supermarket atau pasar. Namun, apakah garam yang Anda beli memiliki kualitas baik? Supaya tidak salah pilih, berikut cara-cara memilih garam berkualitas dan baik untuk hidangan masakan Anda dan keluarga. 

Cara Memilih Garam Berkualitas untuk Masakan

Banyaknya garam laut yang beredar saat ini di pasaran, mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilih. Pasalnya, setiap merk dan jenis garam memiliki kualitas, mutu dan rasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, simak tips memilih garam laut berkualitas berikut ini. 

1. Pilih Garam Beryodium

Cara memilih garam berkualitas yang pertama adalah mengecek kandungannya. Pastikan memilih garam beryodium. Sebab, garam tidak hanya berfungsi untuk memperkaya rasa, tetapi juga berfungsi untuk kesehatan tubuh. Garam beryodium berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme, mengubah energi, serta memproduksi protein yang ada di dalam tubuh. 

Untuk mengetahui apakah garam laut baik dibeli atau tidak, perhatikan label komposisinya, dan lihat apakah garam mengandung yodium atau tidak. Perlu dicatat juga, bahwa semua garam mengandung natrium, tetapi tidak semua garam mengandung yodium. 

2. Tidak Memiliki Bahan Campuran

Masih soal komposisi, berikutnya pastikan untuk mengecek apakah ada bahan campuran atau tidak pada garam tersebut? Hal ini karena tidak jarang produsen garam nakal yang menambahkan kandungan garam untuk meraup keuntungan, tetapi justru akan menimbulkan efek samping pada tubuh. 

Sehingga, pastikan pada tabel komposisi bahwa garam tidak mengandung bahan campuran apapun. 

BACA JUGA: GARAM LAUT LEBIH SEHAT UNTUK MAKANAN, BENARKAH?

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selain garam laut, ada banyak jenis garam lainnya seperti, garam meja, garam himalayan, bahkan dari teksturnya ada yang halus, kasar dan lain sebagainya. Untuk memilih garam yang berkualitas, pastikan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Sebagai  contohnya, jika Anda ingin membuat telur asin, maka bisa memilih garam yang bertekstur kasar, sementara jika ingin digunakan untuk bumbu masakan, Anda bisa memilih garam yang bertekstur halus. 

4. Cepat Larut dalam Air

Last but not least, cara memilih garam berkualitas adalah dengan memastikan garam cepat larut dalam air. Indikator ini adalah salah satu ciri garam yang baik dan aman untuk kesehatan. 

Garam laut yang cepat larut dalam air berkaitan erat dengan cara pembuatannya. Sebab, garam yang tidak cepat larut dalam air kemungkinan telah dicampuri dengan bahan lain pada prosesnya. 

Pilih Garam Laut yang Lebih Sehat

Itulah cara-cara memilih garam berkualitas, dengan menerapkannya, Anda tidak perlu khawatir menambahkan garam laut pada masakan. Jika masih ragu, percayakan kebutuhan garam laut Anda pada Pura Sea Salt. 


Sebagai garam laut dengan kualitas terbaik (grade S), PURA Sea Salt melalui proses pembuatan dengan cara 100% natural, dan murni tanpa rafinasi serta penambahan zat kimia buatan. Jadi, sudah pasti bisa jadi pilihan garam laut yang sehat dan terjaga kealamiannya.