Deretan Manfaat Kandungan Mineral pada Garam Laut

Garam laut sudah tidak asing lagi menjadi salah satu bahan sebagai penguat rasa pada masakan. Bahan yang cukup mudah ditemukan di pasaran ini, ternyata punya banyak segudang manfaat untuk kesehatan. 

Salah satu manfaatnya adalah untuk menyeimbangkan air dalam tubuh agar tidak dehidrasi, selain itu kandungan mineral pada garam laut juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja ginjal untuk melancarkan cairan tubuh sesuai dengan sistem. 

Ada beberapa manfaat garam laut terutama pada kandungan mineralnya. Lalu, apa saja manfaatnya? Yuk, simak deretan manfaat kandungan mineral pada garam laut di artikel berikut. 

Garam Laut Diproses Secara Alami

Kandungan garam laut yang baik untuk tubuh tidak terlepas juga karena proses pembuatannya yang lebih alami, jika dibandingkan dengan tipe garam lainnya. Garam laut dibuat dari proses penguapan dari air laut atau danau yang memiliki rasa asin. 

Dengan proses yang alami ini diklaim lebih sehat, selain itu, garam laut juga memiliki kandungan mineral yang lebih banyak, dan sodium yang lebih sedikit dibandingkan tipe garam lain seperti, garam dapur. 

Manfaat Kandungan Mineral pada Garam Laut

Garam laut yang berasal dari penguapan air laut, dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan berkat kandungan mineral alaminya. Tidak hanya memberikan rasa pada makanan, tetapi garam laut juga kaya akan mineral penting yang dapat mendukung berbagai fungsi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat utama kandungan mineral dari garam laut untuk kesehatan.

1. Mendukung Keseimbangan Elektrolit

Garam laut mengandung elektrolit seperti natrium, magnesium, kalium, dan kalsium yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Elektrolit ini membantu dalam mengatur tekanan darah, mendukung fungsi otot dan saraf, serta menjaga hidrasi seluler. Kekurangan elektrolit dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, dan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Mengandung Magnesium 

Magnesium adalah mineral penting yang ditemukan dalam garam laut. Mineral ini dikenal karena kemampuannya untuk menenangkan sistem saraf dan membantu mengurangi stres. Magnesium juga berperan dalam lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh, termasuk sintesis protein, fungsi otot dan saraf, kontrol glukosa darah, dan regulasi tekanan darah. Asupan magnesium yang cukup dapat membantu mencegah migrain, mengurangi gejala depresi, dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Sumber Kalsium untuk Tulang

Kalsium yang terkandung dalam garam laut berkontribusi pada kesehatan tulang dan gigi. Mineral ini adalah komponen utama dari tulang dan gigi, dan kekurangannya dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis. Dengan mengonsumsi garam laut dalam jumlah yang tepat, kita dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian yang diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

 

BACA JUGA: GIZI SEA SALT: KETAHUI APA SAJA YANG TERKANDUNG?

4. Menyehatkan Kulit

Mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium dalam garam laut memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Magnesium dapat membantu menghidrasi kulit dan memperbaiki penghalang kulit, sehingga kulit terasa lebih halus dan lembut. Kalium membantu menjaga keseimbangan kelembaban kulit, sementara kalsium berperan dalam regenerasi sel kulit. Mandi dengan garam laut dapat membantu mengatasi kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan mineral dalam garam laut dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Garam laut dapat merangsang produksi asam klorida dalam lambung, yang diperlukan untuk pencernaan makanan yang efektif. Selain itu, mineral dalam garam laut juga dapat membantu penyerapan nutrisi dalam usus dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan kembung.

6. Detoksifikasi Tubuh

Garam laut memiliki sifat detoksifikasi alami yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Mandi dengan air garam laut dapat membuka pori-pori kulit dan membantu mengeluarkan racun melalui keringat. Selain itu, konsumsi air garam laut dalam jumlah yang tepat dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan mendukung fungsi hati dan ginjal.

 

Demikian ulasan mengenai manfaat kandungan mineral pada garam laut. Setelah mengetahui fakta di atas, Anda mungkin masih ragu memilih garam laut yang berkualitas dan benar-benar mengandung kandungan baik seperti yang disebutkan. Tidak perlu bingung, percayakan pada PURA Sea Salt yang diproses 100% natural tanpa melalui proses rafinasi dan penambahan zat campuran lainnya. Tentunya, garam yang dihasilkan lebih rendah natrium dan kaya akan mineral. 

Tidak hanya itu, semua produk PURA termasuk sea salt telah memiliki sertifikat halal MUI, BPOM dan ISO 22000, menjadikan garam laut PURA aman dan baik dikonsumsi untuk Anda dan keluarga.