Mengenal Lebih Dalam Sea Salt: Pengertian, Manfaat dan Batas Konsumsi

Sea salt atau garam laut merupakan bahan dapur yang memegang peranan penting dalam menciptakan cita rasa suatu masakan. Selain menambah cita rasa, garam juga mengandung sejumlah mineral yang dibutuhkan tubuh. 

Meskipun umumnya dikenal sebagai satu jenis, sebenarnya ada beberapa jenis garam yang biasa digunakan dalam masakan, di antaranya garam dapur atau meja dan garam laut. Kedua jenis garam ini memiliki karakteristik yang berbeda baik dari segi rasa, tampilan, maupun kandungan alaminya. Artikel ini akan mengulas lebih dalam mengenai sea salt atau garam laut, mulai dari pengertian, manfaatnya bagi kesehatan, dan batas konsumsinya.

Pengertian Sea Salt

Sea salt atau garam laut adalah jenis garam yang diperoleh dari penguapan air laut. Pembuatan garam laut diproses secara tradisional, tanpa bahan kimia atau pun bahan tambahan lainnya seperti, bleaching atau anti caking. Selain itu, proses pembuatan sea salt biasanya berasal dari satu lokasi yang bersih dan tanpa polusi.

Garam dapur biasanya diproses lebih lanjut menjadi kristal halus, sedangkan sea salt lebih kasar dan mengandung lebih banyak mineral alami seperti magnesium, potassium, dan kalsium.

Garam laut berasal dari air laut yang diproses dengan cara menguapkan air laut. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran sehingga kandungan nutrisinya lebih banyak ketimbang garam dapur. Dalam bentuknya yang lebih alami, sea salt seringkali mengandung sejumlah mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Manfaat Sea Salt

Lalu, apa saja manfaat sea salt? Sea salt memiliki berbagai manfaat kesehatan yang penting karena kandungan nutrisinya yang lebih kaya. Berikut adalah beberapa manfaat sea salt bagi kesehatan:

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Sea salt membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi otot dan saraf yang optimal. Elektrolit yang seimbang juga membantu mengatur cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi normal sel.

Menormalkan Detak Jantung

Kandungan mineral dalam sea salt, seperti magnesium dan potasium, membantu menjaga ritme detak jantung yang normal, mencegah aritmia, dan masalah jantung lainnya.

Melancarkan Pencernaan

Sea salt dapat meningkatkan efisiensi sistem pencernaan dengan merangsang produksi enzim-enzim pencernaan. Hal ini membantu tubuh dalam memecah makanan dengan lebih baik dan menyerap nutrisinya.

Mengatur Tekanan Darah

Manfaat sea salt berikutnya, sea salt yang mengandung lebih sedikit natrium dibandingkan garam dapur dapat membantu mengatur tekanan darah. Ini mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung yang sering kali terkait dengan konsumsi natrium berlebih.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sea salt juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan mineral dalam sea salt dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

Mengelola Osteoporosis

Last but not least, mineral dalam sea salt, terutama kalsium, dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Konsumsi garam laut secara moderat dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan tulang.

BACA JUGA: DERETAN MANFAAT KANDUNGAN MINERAL PADA GARAM LAUT

Batas Konsumsi Sea Salt

Meskipun sea salt memiliki banyak manfaat, konsumsi garam tetap perlu dibatasi untuk menghindari efek negatif yang ditimbulkan oleh asupan natrium yang berlebihan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan batasan konsumsi garam sebanyak 5 gram per hari untuk orang dewasa. 

Namun, sebaiknya dalam sehari mengkonsumsi garam laut hanya sebesar 1 sendok teh atau sekitar 2.4 gram Penting untuk memperhatikan total asupan natrium dari semua sumber makanan, termasuk sea salt, garam dapur, dan makanan olahan lainnya.

Mengonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan dalam asupan garam harian agar dapat menikmati manfaatnya tanpa menghadapi risiko kesehatan yang serius.

 

Pilih Sea Salt yang Berkualitas

Sea salt merupakan alternatif yang lebih sehat dibandingkan garam dapur karena kandungan nutrisinya yang lebih kaya. Selain memberikan rasa yang khas pada makanan, sea salt juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menjaga keseimbangan elektrolit hingga mengatur tekanan darah. 

Namun, penting untuk mengkonsumsi sea salt dalam batas yang wajar untuk menghindari dampak negatif dari kelebihan natrium. Dengan memahami manfaat dan batas konsumsi sea salt, kita dapat menikmati manfaat kesehatannya tanpa mengorbankan cita rasa masakan. Menggunakan sea salt dalam pola makan sehari-hari bisa menjadi langkah sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Nah, agar tidak khawatir pastikan memilih sea salt berkualitas terbaik seperti, PURA Sea Salt. Garam laut kualitas terbaik karena mengandung 94% natrium, dan sisa kandungan yang lainnya adalah mineral yang baik untuk tubuh.