Mengenal Garam Organik: Definisi, Proses Pembuatan dan Manfaatnya

Mengenal Garam Organik: Definisi, Proses Pembuatan dan Manfaatnya

Setiap hari kita mengkonsumsi garam sebagai penambah rasa dalam makanan. Garam meja yang pada umumnya kita konsumsi memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, di antaranya membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan fungsi organ. 

Tapi, tahukah Anda? Selain garam meja, ada juga garam organik yang juga memiliki banyak manfaat.

Garam organik bukan hanya sekadar penambah rasa pada makanan. Garam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, meredakan stres, dan bahkan membantu dalam perawatan kulit. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang garam organik dalam artikel ini!

Apa itu Garam Organik?

Kata “organik” pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Istilah tersebut dapat mengacu pada setidaknya dua makna. Makna pertama ialah senyawa organik, yakni senyawa kimia dengan ikatan karbon dan hidrogen (hidrokarbon) yang memiliki peran vital dalam menghasilkan energi bagi manusia. Namun, istilah organik memiliki makna yang berbeda ketika digunakan untuk mendeskripsikan jenis garam.

Kata “organik” dalam garam organik mengacu pada bagaimana garam tersebut diproduksi. Garam baru bisa disebut organik apabila diproduksi secara manual dari alam tanpa risiko pencemaran air. 

Garam organik juga diproduksi tanpa melalui proses pemurnian garam, tanpa zat aditif, serta harus memenuhi standar tinggi dalam analisis kimia. Beberapa contoh garam organik yang beredar di pasaran meliputi Garam Himalaya (Himalayan Salt), Garam Epsom (Epsom Salt), Garam Laut (Sea Salt), dan garam organik lainnya dengan berbagai merek berbeda.

Sebaliknya, garam anorganik biasanya dipanen secara mekanis dari tanah atau bak beton dan disalurkan melalui pipa logam dengan proses buatan, ekstraksi mineral penting, serta penambahan zat anti gumpal, yodium anorganik, dan zat pemutih. Pada umumnya, garam meja yang kita konsumsi adalah garam anorganik.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan garam organik sangat berbeda dengan garam anorganik. Garam organik diproduksi dengan metode tradisional yang mengandalkan proses alami tanpa campur tangan bahan kimia. 

Pertama, air laut yang kaya akan mineral ditampung di dalam kolam penguapan besar. Proses penguapan ini biasanya memakan waktu beberapa minggu hingga sebagian besar air menguap dan meninggalkan kristal garam.

Setelah proses penguapan selesai, kristal garam yang terbentuk dikumpulkan dan dijemur di bawah sinar matahari untuk mengurangi kadar air yang tersisa. Proses ini dilakukan secara hati-hati untuk menjaga kualitas garam. 

Selama proses ini, tidak ada bahan kimia tambahan yang digunakan, sehingga garam yang dihasilkan tetap alami dan murni.

Garam organik juga tidak melalui proses pemutihan atau penghilangan elemen mineral tertentu. Hal ini menjaga kandungan mineral penting dalam garam, seperti magnesium, kalsium, dan kalium, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Manfaat Garam Organik

Seperti garam meja yang kita konsumsi, garam organik juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita. Garam organik memiliki kandungan elemen penting, yakni magnesium yang lebih tinggi dibandingkan garam meja. Lalu, apa saja manfaat garam organik? Berikut penjelasannya. 

Kandungan Magnesium Tinggi

Garam organik memiliki kandungan magnesium yang lebih tinggi dibandingkan garam meja. Magnesium penting untuk menstimulasi aktivitas sel darah putih, meningkatkan kerja vitamin, serta metabolisme glukosa dan phosphor calcium dalam tubuh.

Pengurangan Stress

Magnesium dalam garam organik dapat membantu mengatur kadar magnesium dalam tubuh, sehingga dapat membantu meredakan stres mental dan fisik.

BACA JUGA: DERETAN MANFAAT KANDUNGAN MINERAL PADA GARAM LAUT

Pengurangan Rasa Sakit dan Pembengkakan

Berendam dengan garam organik dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada kondisi peradangan seperti rematik, lupus, asam urat, dan radang sendi psoriasis. Ini terjadi karena magnesium membantu mengeluarkan racun yang memperburuk peradangan, serta meningkatkan fleksibilitas sendi.

Perawatan Kulit dan Tubuh

Mandi dengan garam organik dapat meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi kemerahan dan peradangan, serta meningkatkan skin barrier. Hal ini membuatnya bermanfaat bagi perawatan kulit dan sering dimanfaatkan oleh penderita eksim dan psoriasis.

 

Mengapa Memilih PURA Sea Salt?

Mengapa Memilih PURA Sea Salt setelah mengenal manfaat garam organik sangatlah penting. Pasalnya, PURA Sea Salt diproduksi secara alami tanpa proses rafinasi atau bahan tambahan berbahaya, sehingga Anda dapat menikmati rasa alami sea salt tanpa khawatir akan efek negatif dari natrium berlebih. Hal ini menjadikan PURA Sea Salt pilihan ideal untuk memperkaya kualitas makanan Anda dengan cara yang sehat dan alami.

Untuk mendapatkan semua manfaat dari sea salt tanpa risiko yang berlebihan, pilihlah sea salt yang 100% natural tanpa proses rafinasi dan campuran bahan berbahaya. PURA Sea Salt adalah pilihan yang tepat karena diproduksi tanpa proses rafinasi dan bebas dari bahan kimia tambahan. Untuk info detail produk dan pembelian klik disini!