6 Manfaat Merendam Kaki dengan Garam

Merendam kaki dengan air garam ternyata adalah salah satu jenis hidroterapi yang mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat di dalam bak lalu merendamkan kaki ke dalamnya. 

Menurut penelitian, hasilnya akan lebih optimal jika Anda menggunakan garam laut atau garam Epsom. Kalaupun tidak  ada, garam dapur juga sah-sah saja. Berikut ini adalah 6 manfaat merendam kaki dengan garam.

1. Menghilangkan Bau Kaki

Mengenakan sepatu sepanjang hari bisa membuat area kaki jadi lembap. Di kondisi seperti ini, bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang biak.

Nah, campuran bakteri dan keringat bisa menyebabkan masalah bau kaki yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, Anda bisa merendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur garam untuk membersihkan sekaligus mencegah perkembangan bakteri penyebab bau kaki.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain kulit wajah, kulit kaki Anda juga bisa tampak kusam jika tidak dirawat dengan baik. Nah, agar kulit kaki Anda jadi lebih sehat dan bisa menunjang penampilan, berendam dengan air garam bisa jadi solusinya. 

Pasalnya, campuran air hangat dan garam bersifat eksfoliatif sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasinya dengan yang baru. Cars ini juga efektif merawat kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah.

3. Meredakan Nyeri

Merendam kaki dalam air garam bisa meredakan nyeri pada kaki akibat keseleo, memar, atau yang lainnya. Manfaat ini akan lebih maksimal kalau Anda menggunakan garam Epsom sebab garam yang satu ini dapat mengeluarkan racun dari tubuh sehingga mampu meredakan pembengkakan dan rasa nyeri.

BACA JUGA: LAKUKAN 5 TRIK SEDERHANA INI UNTUK MEMBUAT MAKANAN JADI LEBIH SEHAT DAN TETAP ENAK

4. Mengobati Infeksi akibat Jamur

Kondisi kulit kaki yang lembap bisa memicu pertumbuhan jamur jadi lebih aktif. Akibatnya risiko terinfeksi jamur menginfeksi kulit kaki bisa semakin besar. Contoh yang paling sering adalah kutu air.

Untuk mengatasi dan meredakan rasa gatalnya, Anda bisa menggunakan salep dan rutin merendam kaki ke dalam campuran air hangat dan garam.

5. Merawat Kuku Kaki

Merendam kaki di air garam membuat kuku kaki yang tebal menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dirapikan.

Meski begitu, cara ini saja belum cukup. Anda tetap perlu melakukan perawatan kuku kaki lainnya, seperti membersihkan dan memotong kuku kaki secara rutin serta mengenakan sepatu yang nyaman dan pas memaksimalkan perawatannya.

6. Membantu Atasi Lecet

Alas kaki yang terlalu sempit atau terlalu lama digunakan bisa membuat kaki lecet hingga melepuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa merendam kaki dengan air garam Epsom. Itu karena kandungan mineral di dalam garam Epsom dapat menenangkan dan melembutkan kulit sehingga luka lecet bisa sembuh lebih cepat.

Itulah 6 manfaat merendam kaki dengan air garam. Selain berkhasiat untuk memanjakan kaki, mengonsumsi garam sesuai takaran yang disarankan juga memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

Bicara soal kesehatan dan pilihan yang lebih sehat, garam natural dari PURA sudah pasti solusinya. Sebagai sahabat sehat Anda, PURA berkomitmen hanya menghadirkan produk-produk yang 100% alami, tanpa aditif, bahan kimia, dan zat buatan seperti Pura Sea Salt yang sepenuhnya diproses secara alami tanpa melalui proses rafinasi sehingga menghasilkan garam yang lebih rendah natrium dan kaya mineral. Kalau ada yang lebih baik kenapa harus pilih yang lain, bukan?