Garam Laut Tidak Memiliki Masa Kadaluarsa, Mitos atau Fakta?

Setiap hari tanpa disadari kita tidak bisa terlepas dari salah satu bumbu dapur ini. Garam umumnya digunakan sebagai pelengkap dan penyempurna masakan lewat penambahan citarasa asin di makanan. Namun, apakah garam yang selalu kita gunakan di dapur memiliki masa kadaluarsa untuk disimpan? 

Sebelum menjawab apakah garam memiliki periode kadaluarsa, kita mulai dari memahami singkat perbedaan garam antara garam laut dan garam meja. Walaupun keduanya sama - sama berasal dari air laut, namun ada perbedaan mulai dari sumber, pengolahan dan kandungan.

Sumber Garam Laut Vs Garam Meja

Mulai dari sumbernya, kedua jenis garam berasal dari air laut namun garam laut atau sea salt umumnya didapat dari single source atau satu sumber. Hal ini berbeda dengan garam meja yang biasanya dikumpulkan dari beberapa tambak garam atau sumber sehingga berisiko memiliki kualitas berbeda - beda. 

Proses Pengolahan

Garam meja yang didapatkan dari berbagai sumber selanjutnya dilakukan proses rafinasi sebagai tahap pemurnian untuk memisahkan kotoran dari garam. Hal ini berbeda dengan garam laut lalu yang biasanya didapatkan dari proses tradisional dan evaporasi hasil panenan paling akhir sehingga kemurniannya alami tanpa perlu proses rafinasi. 

Kandungan Keduanya

Dari sisi kandungan, garam meja biasa memiliki mineral yang rendah dan natrium yang lebih tinggi dibanding garam laut akibat rafinasi yang dilewatinya. Selain itu perbedaan lain terletak pada zat tambahan seperti yodium non-alami, anti caking hingga bleaching yang biasa ditambahkan di garam meja.

 

Untuk menjawab mitos fakta apakah benar garam sejatinya tidak memiliki masa kadaluarsa, faktanya memang benar bahwa garam alami tidak memiliki masa kadaluarsa karena sifat garam yang juga sebagai antibakteri. Sifat antibakteri ini juga yang membuat garam digunakan sebagai pengawet alami contohnya pada ikan, telur bahkan asinan. Namun hal ini tidak berlaku untuk garam meja dengan beberapa kandungan tambahan. Biasanya garam meja memiliki batas expired atau rekomendasi periode penggunaan tertentu.

Sekarang tidak perlu bingung pilih garam alami, karena ada garam organik yang 100% dijamin murni.

Sebagai pilihan garam laut terbaik, PURA the Purest menghadirkan PURA Sea Salt yang merupakan produk garam laut dengan tingkat kemurnian paling baik. PURA Sea Salt hanya menggunakan grade “S” atau Excellent sebagai bentuk komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk kamu. 

Selain itu, PURA Sea Salt tidak melalui proses rafinasi karena dipanen dari hasil panenan paling akhir yang membuat putihnya alami serta kandungan mineral yang kaya. Tidak hanya itu saja, tingkat natrium juga lebih rendah apabila dibandingkan dengan garam meja. 

Tersedia di dua jenis varian yaitu PURA Sea Salt Fine atau garam halus yang cocok untuk segala jenis masakan dan PURA Sea Salt Coarse atau garam kasar yang cocok sebagai marinasi daging ataupun finishing di beberapa menu masakan contohnya pretzel. 

Kamu juga bisa tes perbedaanya untuk memastikan garam pilihanmu adalah yang terbaik dengan 3 indra 

Dapatkan PURA Sea Salt sekarang dengan klik link disini