Gizi Sea Salt: Ketahui Apa Saja yang Terkandung?

Pola makan sehat dan diet saat ini tengah menjadi trend dan perhatian dari banyak kalangan. Namun, kekurangan dari makanan sehat untuk diet biasanya hambar, dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan menambahkan garam. 

Banyaknya jenis garam mungkin akan membuat Anda bingung untuk ditambahkan pada makanan sehat. Anda bisa mencoba untuk menambahkan garam laut (sea salt) yang dikenal mengandung mineral yang lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Supaya tidak ragu, yuk ketahui gizi sea salt dan apa saja kandungannya pada artikel berikut ini!

Kandungan Gizi Sea Salt

Garam laut diklaim lebih sehat dibandingkan garam jenis lainnya, dikarenakan kandungan kaya mineral yang dimilikinya. Sea salt mengandung 75 mineral dan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Kandungan gizi ini bermanfaat untuk mengoptimalkan proses metabolisme yang ada di dalam tubuh. 

Menariknya lagi garam laut juga bermanfaat dalam dunia kecantikan, sebab pH tubuh yang asam atau rendah bisa menimbulkan penyakit degeneratif. Nah, garam laut bisa meminimalisir hal tersebut karena bisa menyeimbangkan pH tubuh agar lebih basa. Dengan batas konsumsi yang benar, sea salt bisa memberikan banyak manfaat pada kesehatan kulit, bahkan tidak jarang bahan utama krim lulur adalah sea salt. 

Sea salt dikenal dengan kandungan natriumnya yang bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh. Selain itu, sea salt juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk mengatur proses biokimia pada sistem metabolisme, serta meminimalisir resiko kardiovaskular. 

 

Lebih lanjut, sea salt mengandung potasium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem syarat, kemudian ada kandungan zat besi dan yodium yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tubuh. 

Menurut data dari WebMD, dengan takaran satu sendok teh garam laut mengandung 2.000 mg natrium, apalagi jika prosesnya alami atau tidak melalui proses refinasasai, sea salt juga mengandung gizi baik untuk tubuh antara lain, magnesium, kalium dan kalsium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh dan mendukung sirkulasi darah, kekuatan otot secara fungsi tubuh lainnya.

Namun, kandungan yang dimiliki oleh sea salt ini juga bergantung pada kualitas air laut tempat proses evaporasi garam tersebut dibuat. Hal ini disebabkan proses pembuatan sangat berpengaruh pada nilai gizi yang terkandung, bahkan mempengaruhi rasa, tekstur, dan warna garam. 

BACA JUGA: GARAM LAUT LEBIH SEHAT UNTUK MAKANAN, BENARKAH?

Batas Konsumsi

Meski mengkonsumsi garam diklaim menyehatkan karena kandungannya yang bermanfaat bagi tubuh manusia, Anda tetap harus memperhatikan batas konsumsi sea salt yang baik untuk tubuh. Idealnya dalam sehari batas konsumsi garam yang sesuai anjuran adalah sekitar 3.000-6.000 mg per hari atau satu sendok teh per hari. 

 

Sebab, jika terlalu berlebihan mengkonsumsi sea salt, akan berdampak meningkatnya dehidrasi, risiko hipertensi, dan mengganggu kardiovaskular, sakit jantung, stroke hingga masalah pada ginjal. 

 

Jadi, itu lah kandungan gizi dari sea salt yang bermanfaat bagi tubuh, dan diklaim lebih menyehatkan dibandingkan jenis garam lainnya. Meski begitu, batas konsumsi tetap harus diperhatikan dan jangan lupa untuk selalu memilih garam berkualitas terbaik seperti PURA Sea Salt

 

Dengan proses secara alami 100% tanpa proses rafinasi dan bahan kimia tambahan dan pastinya kaya akan mineral. Anda bisa memilih dua pilihan tekstur sesuai dengan kebutuhan yakni, tekstur fine (halus) dan coarse (kasar).