Perbandingan dan Cara Memilih Sea Salt vs Himalayan Pink Salt

Garam menjadi hal penting untuk menambah cita rasa pada makanan seperti, rasa gurih dan asin dalam masakan. Tidak heran jika garam harus ada di setiap dapur rumah tangga. 

Garam sendiri memiliki beberapa jenis, seperti sea salt atau garam laut, dan himalayan pink salt atau garam merah muda. Kedua jenis garam ini memiliki perbandingan dan perbedaan dari segi rasa, tekstur serta kandungan. Lalu, bagaimana perbandingan kedua garam ini? Tanpa berlama-lama, mari simak artikel ini yang akan menjelaskan mulai dari perbandingan hingga cara memilihnya. 

Perbandingan Sea Salt Vs Himalayan Pink Salt 

1. Cara Pembuatan

Pink salt himalaya hanya bisa diperoleh dari kaki pegunungan Himalaya. Di Pegunungan ini sendiri terdapat tambang garam yang bernama Khewra di Pakistan, sehingga pink salt Himalaya ini produksinya cukup terbatas. 

Sementara, untuk sea salt atau garam laut bisa ditemukan dengan mudah, karena bisa dibuat dari tambak garam laut atau danau air asin, garam laut juga tidak perlu memerlukan peralatan canggih karena bisa dibuat dengan cara manual. 

2. Bentuk dan Tekstur

Perbandingan sea salt dan pink himalayan salt juga bisa dilihat dari bentuk dan teksturnya. Pink himalayan salt memiliki bentuk seperti garam meja, dan memiliki tekstur yang lebih kasar. Sementara, sea salt memiliki bentuk seperti serpihan kristal dan teksturnya halus. 

3. Warna

Dari segi warna, garam himalaya memiliki warna merah muda dan putih. Biasanya garam himalaya ini juga digunakan sebagai properti untuk foto makanan karena warna dan teksturnya yang menarik. Sedangkan untuk garam laut, memiliki warna bersih atau putih. 

4. Rasa

Meski sama-sama digunakan sebagai penambah rasa asin pada makanan, kedua garam memiliki sedikit rasa yang berbeda. Jika dibandingkan, rasa garam himalaya merah muda memiliki rasa yang cenderung kaya rasa, lebih sehat, dan unik. Sementara garam laut, mengandung rasa asin yang adiktif karena mengandung ganggang dan mikroplastik. 

5. Penggunaan 

Garam himalaya biasanya digunakan untuk membuat masakan sehat, biasanya disajikan pada piring kecil. Sementara, garam laut biasanya digunakan untuk membumbui daging, ikan dan lain sebagainya. 

 

BACA JUGA: GARAM LAUT LEBIH SEHAT UNTUK MAKANAN, BENARKAH?

Cara Terbaik Memilih Sea Salt 

Selain sea salt dan himalayan pink salt, ada beberapa jenis garam lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah. Lalu, bagaimana cara memilih garam terbaik? Berikut tipsnya:

1. Pilih Garam Sesuai Dengan Kebutuhan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa garam laut biasanya digunakan untuk bumbu masakan, sementara untuk garam himalaya berwarna merah muda bisa juga digunakan untuk properti foto atau pun untuk membuat makanan sehat. Jadi, cara memilih garam terbaik, bisa dimulai dengan menentukan kebutuhan Anda terlebih dahulu. 

2. Pastikan Garam Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Untuk memilih garam terbaik, pastikan untuk mengecek kandungan bahannya. Pasalnya, bisa saja produsen garam yang tidak bertanggung jawab menambahkan bahan campuran untuk mendapatkan keuntungan. Pastikan untuk memilih garam yang berkualitas atau pilih dari merk yang sudah terpercaya. 

3. Warna Garam Tidak Kusam

Cara memilih garam terbaik juga bisa dilihat dengan warna garam yang lebih cerah atau tidak kusam. Sebab, warna garam yang kusam bisa mengindikasikan garam sudah disimpan terlalu lama, atau dicampur dengan bahan campuran lain. 

4. Mudah Larut Dalam Air

Last but not least, cara terakhir bisa dites dengan melarutkan pada air. Garam cepat larut dalam air biasanya tidak akan meninggalkan butiran kasar. Namun, jika garam tidak cepat larut dalam air, berarti ada campuran bahan-bahan lain yang harus dihindari. 

Rekomendasi Sea Salt dan Himalayan Pink Salt yang Aman 

Sekian penjelasan mengenai perbandingan sea salt dan himalayan pink salt, serta cara terbaik untuk memilih garam berkualitas. Sebagai salah satu bahan dasar, pastikan untuk memilih garam yang berkualitas untuk sea salt (garam laut) maupun himalayan pink salt (garam himalaya merah muda). Tanpa harus bingung Anda bisa percayakan kepada Pura Himalayan Salt dan Pura Sea Salt. 

Pura Himalayan Salt dapat digunakan untuk MPASI karena kandungan non GMO-nya, sudah tersertifikasi izin edar dari BPOM dan bersertifikat halal. Anda juga tidak perlu ragu dengan keamanannya, karena sudah PURA sudah mengantongi ISO 22000. 

Sementara Pura Sea Salt diproses secara alami 100% tanpa melalui rafinasi yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan Anda. Ingin tahu lebih banyak, yuk buruan cek produk Pura selengkapnya disini!