Grilling dengan Sea Salt: Teknik untuk Memaksimalkan Asin Alami

Grilling atau memanggang adalah salah satu teknik memasak yang sudah banyak orang ketahui, apalagi pada saat perayaan acara seperti, tahun baru. Proses ini membuat makanan untuk mempertahankan kelembaban dan menambah cita rasa yang khas dari asap dan arang. 

Namun, ada satu bahan sederhana yang dapat meningkatkan cita rasa makanan yang dipanggang menjadi lebih enak yakni, garam laut. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana menggunakan garam laut saat grilling untuk memaksimalkan rasa asin alaminya. 

Mengapa Menambahkan Garam Laut untuk Grilling?

Garam laut berbeda dengan garam meja. Dimulai dari prosesnya garam laut dihasilkan dari penguapan air laut, yang membuatnya mengandung mineral alami seperti magnesium, kalsium, dan kalium. 

Mineral-mineral ini tidak hanya memberikan rasa yang lebih kompleks, tetapi juga menambahkan nilai gizi pada makanan. Selain itu, tekstur kristal garam laut yang lebih besar dan lebih kasar memberikan sensasi yang berbeda saat dimakan.

Cara Memilih Garam Laut untuk Grilling

Menambahkan garam laut untuk grilling juga tidak bisa sembarangan, agar hasil grilling enak dan tetap mempertahankan asin alaminya, Anda bisa mengikuti beberapa cara memilihnya sebagai berikut: 

1. Pilih Jenis Garam Laut yang Tepat

Jenis garam laut yang Anda pilih akan mempengaruhi hasil akhir makanan yang di-grill. Anda bisa pilih jenis-jenis garam berikut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan rasa yang dihasilkan nantinya. 

 

  • Garam Laut Kasar: Butiran besar dan kasar, memberikan tekstur renyah dan rasa yang menonjol pada daging dan sayuran yang di-grill.
  • Fleur de Sel: Garam yang lebih halus dan lembap, ideal sebagai finishing salt untuk menambahkan rasa akhir yang kompleks.
  • Garam Laut Halus: Lebih mudah larut dan diserap merata pada makanan, cocok untuk marinasi.

2. Proses Pembuatan

Faktanya proses pembuatan dan asal garam laut dapat mempengaruhi rasa dan kandungan mineralnya, berikut ini beberapa proses pembuatan dan rasa yang dihasilkan jika digunakan untuk grilling.

 

  • Maldon (Inggris): Kristal besar dan flaky, memberikan rasa yang kuat dan tekstur yang baik pada daging.
  • Celtic (Perancis): Kaya mineral, memberikan rasa yang lebih dalam dan kompleks.
  • Hawaiian Sea Salt (Hawaii): Unik dengan warna dan rasa mineral, memberikan rasa eksotis pada daging. 

3. Perhatikan Kandungan Mineral pada Kemasan

Garam laut alami biasanya mengandung mineral tambahan seperti magnesium, kalsium, dan kalium, yang memberikan rasa lebih kaya. Pilih garam laut yang minim proses untuk mempertahankan kandungan mineral alaminya.

4. Pilih Tekstur Garam

Ukuran butiran garam laut berpengaruh pada cara garam tersebut menyerap dan meresap ke dalam makanan. Ada dua jenis tekstur garam yaitu, kasar dan halus. 

  • Butiran kasar: Cocok untuk daging yang tebal, memberikan tekstur dan rasa yang baik selama grilling.
  • Butiran halus: Lebih cocok untuk sayuran dan ikan karena lebih cepat larut dan meresap.

5. Pilih Garam Laut Berkualitas 

Pilih garam laut dari produsen yang terpercaya untuk memastikan kualitas dan kandungan baik yang ada di balik kemasan. Alih-alih memilih garam sembarangan yang murah, pastikan Anda memilih garam laut berkualitas meskipun sedikit mahal. 

 

BACA JUGA: GIZI SEA SALT: KETAHUI APA SAJA YANG TERKANDUNG?

Teknik Menggunakan Garam Laut saat Grilling

Berikut ini adalah cara menambahkan garam laut saat grilling supaya tetap bisa mempertahankan rasa asin alaminya. 

Pra-Pengasinan (Pre-Salting)

Sebelum memanggang, taburkan garam laut pada daging, ikan, atau sayuran setidaknya 30 menit sebelum dimasak. Proses ini akan membuat garam lebih menyerap ke dalam makanan, meningkatkan rasa asin alami dan membantu mempertahankan kelembaban.

Pengasinan Saat Memanggang (During Grilling)

Taburkan sedikit garam laut selama proses grilling untuk menambah rasa. Gunakan garam dengan bijak untuk menghindari rasa yang terlalu asin.

Pengasinan Akhir (Finishing Salt)

Setelah makanan matang, tambahkan sejumput garam laut sebagai finishing touch. Garam yang ditaburkan pada tahap ini akan memberikan ledakan rasa asin yang lebih intens saat digigit.

 

Menggunakan garam laut saat grilling adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan rasa alami makanan. Daging akan lebih juicy dan kaya rasa apabila Anda menggunakan teknik grilling dan jenis garam yang tepat. 

Oleh karena itu, hasil grilling yang akan Anda hasilkan sangat dipengaruhi oleh kualitas garam laut. PURA Sea Salt bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat daging lebih juicy, enak dan tentunya sehat. 

Dengan komitmen untuk selalu membawa kebaikan alam dalam setiap butiran, PURA Sea Salt diproses dengan cara 100% natural tanpa proses rafinasi maupun penambahan zat kimia lainnya. 

Tersedia dalam dua tekstur, PURA Purest Sea Salt Coarse dan PURA Purest Sea Salt Fine  yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Informasi lebih lanjut untuk pembelian cek disini!