10 Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Manfaat garam laut sebagai bumbu masakan memang bukan hal baru, tapi bagaimana dengan kecantikan? Ya, selain bisa digunakan sebagai bahan pengawet dan penyedap dalam makanan, garam menyimpan beragam manfaat yang luar biasa. Salah satunya untuk merawat kecantikan. Berikut informasi selengkapnya!

Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Dibandingkan dengan garam dapur biasa, garam laut lebih kaya mineral karena proses pengolahannya yang lebih singkat. Manfaatnya, selain lebih baik untuk memelihara kesehatan secara umum, garam laut alias sea salt juga menawarkan manfaat yang tak kalah berkhasiat untuk menjaga kecantikan alami Anda. Berikut ulasannya. 

1. Membantu Melembapkan Kulit

Berendam dalam air hangat yang dicampur garam laut bisa membantu Anda mengatasi kulit kering. Hanya dalam beberapa menit, kulit yang kering bakal terasa lebih lembap dan sehat. Supaya optimal, lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Garam laut merupakan bahan eksfoliasi alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab berbagai masalah kulit. Berkat kandungan mineralnya, kulit Anda bisa tampak lebih cerah, halus, dan lembut.

3. Mengurangi Peradangan akibat Jerawat

Garam laut mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Mineral-mineral ‘penyembuh’ ini mampu menyerap racun sekaligus mempercepat proses penyembuhan akibat jerawat yang meradang.

4. Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Tak hanya melembapkan, kandungan magnesium dan kalsium yang ada di dalam garam juga mampu menjaga keseimbangan pH kulit. Akibatnya, kulit jadi lebih sehat, tidak kering maupun terlalu berminyak.

BACA JUGA: PERBEDAAN GARAM DAPUR, GARAM LAUT, DAN GARAM HIMALAYA, MANA YANG LEBIH SEHAT

5. Mengurangi Komedo

Komedo akan terbentuk saat sel-sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori. Namun, dengan rutin melakukan facial scrub menggunakan campuran garam laut, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih bisa terangkat. Alhasil, komedo berkurang dan wajah tampak lebih cerah.

6. Detoksifikasi Kulit

Menyimpan beragam manfaat, garam laut merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk detoksifikasi dan mengembalikan kelembapan alami kulit, sekaligus menghempas bakteri penyebab tersumbatnya pori-pori wajah. 

7. Mengencangkan Kulit

Mineral alam yang terkandung dalam sea salt mampu menjadikan kulit lebih kencang dan elastis sehingga membuat Anda tampak awet muda. Saat digunakan sebagai scrub, garam laut juga ampuh mengatasi stretch mark yang menumpuk.

8. Deep Cleansing

Manfaat garam laut berikutnya adalah sebagai deep cleanser karena memiliki sifat antimikroba. Mineral-mineral ini akan masuk ke dalam kulit untuk menyerap bakteri-bakteri penyebab berbagai masalah kulit. 

9. Mengatasi Mata Panda

Kurang tidur dan istirahat bisa membuat kantung mata bengkak dan menghitam. Namun dengan toner air garam laut, masalah ini bisa Anda atasi dengan mudah. Itu karena kandungan magnesium dalam garam mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga lingkaran hitam di bawah mata bisa tersamarkan. 

10. Membantu Meremajakan Kulit

Bukan tanpa alasan banyak produk kecantikan menggunakan garam laut sebagai bahan pembuatnya. Itu karena kandungan alaminya yang mampu membuat kulit jadi lebih kencang sehingga kerutan halus pada wajah pun tersamarkan.

Itulah 10 manfaat garam laut untuk kecantikan yang ternyata efeknya luar biasa. Untuk memakainya, Anda bisa menjadikan garam laut sebagai scrub dengan mencampurkannya dengan madu. Bisa juga dijadikan toner atau campuran berendam saat mandi.

Sebagai garam laut dengan kualitas terbaik (garade S), Pura Sea Salt yang 100% diproses secara alami tanpa melalui proses rafinasi ini bisa Anda gunakan sebagai produk perawatan di rumah.

Ternyata selain berguna sebagai bumbu masak yang rendah natrium dan kaya mineral, banyak juga ya manfaat garam laut lainnya? Yuk buruan check out produk terbaik PURA lewat tautan ini!