5 Manfaat dan Alasan Kenapa Makanan Organik Terbaik Untukmu

Imbas dari Covid 2020 membuat pola hidup sehat masyarakat meningkat tajam, terlebih pada pola makan. Di tahun 2019, di Asia terjadi peningkatan tajam untuk permintaan makanan organik dan di 2020 konsumen AS menghabiskan $5 milliar dollar belanja makanan organik. 

 

Istilah organik mengacu pada bagaimana makanan tersebut diproduksi. Makanan organik biasa diproduksi dengan metode alami atau diproses tanpa menggunakan bahan kimia, hormon, antibiotik, dan rekayasa genetika (GMO).

 

Suatu makanan dapat dilabeli organik apabila bebas dari tambahan pangan buatan, termasuk pemanis buatan, pengawet, pewarna, penyedap, dan MSG. berikut manfaat dan alasan kenapa makanan organik terbaik untukmu:

 

 

  • Bebas Pestisida Sintetis

 

Pertanian organik menghasilkan makanan sehat tanpa menggunakan pestisida beracun. Jikapun menggunakan pestisida, biasanya petani organik menggunakan pestisida alami.

 

Pestisida Sintetis merupakan senyawa beracun buatan yang digunakan untuk membunuh dan memberantas hama dan pestisida sangat berbahaya untuk tubuh. Mungkin jika dilihat dampak buruknya tidak akan langsung, tapi akumulasi terus-terusan bisa menyebabkan penyakit serius.

 

 

  • Lebih bernutrisi

 

Studi yang membandingkan kandungan nutrisi makanan organik dan non-organik memiliki hasil yang beragam. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh variasi alami dalam penanganan dan produksi makanan. Namun, bukti menunjukan bahwa makanan organik lebih sehat.

 

Menurut yang dikutip oleh Healthine, beberapa penelitian menemukan bahwa makanan organik umumnya mengandung tingkat antioksidan dan mikronutrien tertentu yang lebih tinggi, seperti vitamin C, seng, dan zat besi. Terutama pada buah dan sayuran.

 

Sebuah studi tahun 2003 menemukan bahwa buah beri dan jagung yang ditanam secara organik mengandung 58% lebih banyak antioksidan dan 52% lebih banyak vitamin C.

 

 

  • Tidak ada pewarna, perasa, atau pengawet buatan yang diizinkan dalam makanan organik

 

Banyak perusahaan manufaktur makanan dan minuman menggunakan bahan-bahan sintetis untuk membuat harga produknya lebih terjangkau. Pada kenyataannya, hampir seluruh produk minuman dan makanan yang beredar 95% menggunakan bahan buatan. Bayangkan apabila tubuh kita terus-terusan mengkonsumsi senyawa buatan yang mempunyai efek negatif pada tubuh.

 

Oleh karena itu, pentingnya mengetahui cara membaca food label dan komposisi makanan sangat penting pada saat belanja. Kita sebagai konsumen harus sangat kritis terhadap produk yang kita beli.



 

  • Ramah lingkungan

 

Pertanian organik sangat bermanfaat pada penyerapan karbon, hal tersebut dapat membantu mengurangi peningkatan kadar karbon dioksida di atmosfer sehingga ada efek positif dalam menanggulangi perubahan iklim. Perbandingan signifikan dari pertanian organik dibandingkan dengan pertanian konvensional, adalah dasar dari produksi pertanian organik berbasis tanah dengan prinsip menjaga atau meningkatkan kualitas tanah. Tanah yang sehat melawan perubahan iklim dengan menarik karbon keluar dari atmosfer. Ini mirip dengan bagaimana ekosistem bumi aslinya, sebagaimana terjadi juga pada padang rumput dan hutan, tanah alami bertindak sebagai penyerap karbon di alam.

 

 

  • Baik untuk tubuh

 

Bumi sudah diciptakan sedemikian rupa sempurna. Apa yang diberikan alam untuk manusia apa adanya sehat dan baik untuk tubuh. Tidak ada senyawa buatan, genetika buatan, hormonal, dan senyawa buatan tidak penting lainnya di makanan organik.

 

Makanan organik tidak harus mahal, hal tersebut bisa diawali dengan kita menanam sayur sendiri di pekarangan kita. Perubahan kecil bisa dimulai dari hal kecil, tidak harus besar, dan perubahan itu bisa diawali dengan mengganti bahan baku makanan yang lebih sehat. Seperti contohnya mengganti garam meja dengan garam laut. Jika dilihat garam mungkin hal sepele yang dipakai sedikit pada makanan, perlu diingat garam kita konsumsi setiap hari. Sama halnya dengan bumbu penyedap, carilah bumbu penyebab natural dan biasakan membaca tabel bahan makanan sebelum mebeli nuntuk mengetahui apa yang kita konsumsi.

 

Kalau bisa yang lebih baik kenapa tidak? PURA hadir untuk menjadi jembatan pola makan sehat di ASIA. Yuk bersama-sama kita jalankan pola hidup lebih sehat, bisa dimulai dengan menjaga pola makan kita!

 

#LIVETHEPUREST