Praktis! Tips Masak MPASI Saat Traveling dengan Kaldu Pura

Memasak MPASI (Makanan Pendamping ASI) saat traveling bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan perencanaan yang tepat dan penggunaan kaldu pura berkualitas, Anda dapat memastikan si kecil tetap mendapatkan makanan bergizi dan lezat. Berikut adalah panduan praktis untuk memasak MPASI saat traveling dengan kaldu pura.

Pilih Kaldu Pura Berkualitas

Langkah pertama yang sangat penting adalah memilih kaldu pura yang berkualitas. Pastikan kaldu yang Anda pilih bebas dari pengawet atau bahan kimia tambahan yang bisa berbahaya bagi bayi. Kaldu pura yang baik biasanya hanya mengandung bahan-bahan alami seperti daging, tulang, dan sayuran yang telah direbus lama untuk menghasilkan rasa dan nutrisi yang optimal. Membawa kaldu pura yang berkualitas akan mempermudah Anda dalam menyiapkan MPASI yang lezat dan bergizi saat bepergian.

Bawa Peralatan Memasak yang Esensial

Peralatan memasak yang esensial sangat diperlukan untuk memudahkan proses memasak MPASI saat traveling. Pastikan Anda membawa panci kecil untuk memasak, sendok makan untuk mengaduk, pisau kecil untuk memotong bahan, dan mangkuk untuk menyajikan makanan. Jika memungkinkan, gunakan pemanas portabel yang aman untuk memasak di dalam ruangan seperti kamar hotel. Pemanas portabel ini sangat berguna untuk memanaskan kaldu pura atau memasak bahan-bahan tambahan dengan cepat dan aman.

Persiapkan Bahan Tambahan

Selain kaldu pura, persiapkan juga bahan-bahan tambahan yang mudah diolah dan cepat matang. Bahan-bahan seperti nasi tim, pasta bayi, atau bubur instan sangat cocok untuk dijadikan MPASI saat traveling karena praktis dan mudah disiapkan. Jangan lupa untuk membawa beberapa sayuran segar yang mudah dimasak seperti brokoli, wortel, atau kentang. Sayuran ini bisa dimasak bersama kaldu pura untuk menambah nilai gizi dan rasa pada MPASI. Pastikan sayuran dipotong kecil-kecil agar mudah dimasak dan dimakan oleh bayi.

Wadah Makanan

Gunakan Wadah yang Aman dan Praktis

Saat traveling, penting untuk menggunakan wadah yang aman dan praktis untuk menyimpan makanan bayi. Pilihlah wadah plastik bebas BPA atau wadah kaca kecil yang dapat dipanaskan. Wadah-wadah ini memastikan bahwa makanan bayi tetap aman dari bahan kimia berbahaya yang bisa terlepas dari plastik berkualitas rendah. Pastikan wadah tersebut memiliki tutup yang rapat untuk mencegah tumpah dan menjaga kebersihan makanan. Wadah yang rapat juga memudahkan penyimpanan dan transportasi tanpa khawatir makanan tercecer.

Tetap Menjaga Kebersihan dengan Baik

Kebersihan adalah hal yang sangat penting dalam mempersiapkan MPASI, terutama saat bepergian. Selalu cuci tangan sebelum mempersiapkan makanan bayi untuk menghindari kontaminasi bakteri. Pastikan semua peralatan memasak bersih sebelum digunakan. Gunakan air minum kemasan untuk memasak atau mencuci bahan makanan dan peralatan. Ini sangat penting jika Anda berada di tempat dengan kualitas air yang meragukan, karena air kemasan lebih aman dan mengurangi risiko kontaminasi.

Simple Cooking

Memasak dengan kaldu pura membuat proses memasak MPASI menjadi lebih cepat dan praktis. Anda hanya perlu memanaskan kaldu pura, kemudian menambahkan bahan seperti nasi atau sayuran, dan masak hingga matang. Metode ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memastikan bahwa makanan bayi tetap bergizi. Kaldu pura yang sudah kaya nutrisi akan memberikan rasa dan nutrisi tambahan pada makanan, sehingga Anda tidak perlu menambahkan banyak bahan lagi.

Cooled Storage

Jika tersedia, simpan MPASI yang sudah jadi di dalam kulkas. Banyak kamar hotel menyediakan mini fridge yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan bayi. Penyimpanan yang dingin akan memastikan MPASI tetap segar dan aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Pastikan makanan disimpan dalam wadah yang rapat untuk menjaga kualitas dan kebersihan makanan. Ini sangat berguna jika Anda membuat MPASI dalam jumlah yang cukup untuk beberapa kali makan.

Pengaturan Waktu Makan

Mengatur jadwal makan bayi sesuai dengan jadwal perjalanan adalah kunci untuk memastikan bayi tetap mendapatkan asupan gizi secara teratur. Perhatikan waktu makan yang biasa dilakukan di rumah dan usahakan untuk mempertahankan rutinitas tersebut selama perjalanan. Membawa makanan ringan yang sehat juga bisa membantu jika jadwal perjalanan menjadi tidak teratur. Konsistensi dalam jadwal makan membantu menjaga kenyamanan bayi dan memastikan asupan gizi tetap optimal.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan si kecil mendapatkan MPASI yang sehat dan bergizi meskipun sedang dalam perjalanan. Memasak MPASI dengan kaldu pura tidak hanya praktis tetapi juga memberikan rasa yang lezat dan nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Selamat mencoba!

Rekomendasi Kaldu MPASI Non MSG Sebagai Variasi Rasa MPASI

Setelah mengetahui berbagai tips memasak MPASI saat traveling menggunakan Kaldu Pura, saatnya Anda memastikan ketersediaan produk ini dalam persiapan perjalanan Anda. Temukan Kaldu Pura yang berkualitas di Pura Indonesia. Kunjungi website kami sekarang untuk melakukan pemesanan dan pastikan kebutuhan nutrisi buah hati Anda terpenuhi selama perjalanan.


Whatsapp: 08175788899
Line: puraindonesia
Youtube: Pura Kitchen