Mindful Eating: Kunci Diet Berhasil

Mindful Eating: Kunci Diet Berhasil

(13/02/2022)

 

Apakah kalian pernah makan secara terburu-buru untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya? Atau makan sambil scrolling social media atau menonton video atau film di internet? Jika iya. lal ini bisa menjadi salah satu faktor mengapa kita menjadi overeating.

 

Overeating terjadi karena kita tidak fokus ketika sedang makan sehingga kita tidak menyadari sinyal-sinyal yang dikirim perut pada otak bahwa kita sudah kenyang atau masih lapar. Oleh sebab itu perlu hubungan yang lebih baik dengan memakanan ketika kita makan, yaitu mindful eating.

 

Mindful eating

Mindful eating adalah makan dengan kesadaran. Ketika kita makan kita sadar bahwa kita sedang memutuskan untuk menjaga kesadaran saat makan makanan tertentu, kita jadi bisa membedakan lapar atau hanya mencari kepuasan lewat makan. Menjaga kesadaran akan masa kini ketika makan, memperhatikan secara seksama efek dari makanan kepada indra kita hingga sensasi pada fisik dan emosional saat makan(1)

 

Mindful eating terbukti dapat membuat orang lebih memilih memakan makanan sehat daripada tidak sehat(2). Juga dapat menurunkan berat badan, menghentikan kerakusan, bahkan dapat menurunkan resiko depresi dan stress(3)

 

5 langkah untuk menjalankan mindful eating

Bagaimana caranya untuk menjalankan mindful eating? Kita bisa memulainya dengan cara seperti ini(4)

  1. Makan pelan-pelan untuk merasakan seluruh kunyahan
  2. Berhenti untuk sementara di tengah-tengah kita makan untuk menyadari tanpa penghakiman bagaimana rasa makanan kita, apakah kita menikmatinya, apakah kita memakannya hanya karena makanan itu ada dihadapan kita, apakah kita benar-benar lapar.
  3. Setelah itu ambil langkah untuk menyadari apakah kita kenyang atau tidak. Pada awalnya kita membedakan lapar dan kenyang seperti hitam dan putih. Namun, seiring berjalannya waktu kita akan menyadari area abu-abu yang sulit dibedakan yaitu lapar dan mencari kepuasan. 
  4. Ketika kita sudah selesai makan dan ternyata ingin makan lagi, cek kepuasan kita setelah selesai makan lagi, seberapa kenyang kita? Apakah kita meraih kepuasan yang nyaman atau berlebihan? Ketika kita melakukan ini rutin kita akan tahu kapan tubuh kita harus berhenti makan. 
  5. Lakukan secara rutin karena mindful eating adalah skill yang harus dilatih, ketika dilatih secara rutin akan menjadi kebiasaan yang otomatis. 

 

Setelah terlatih melakukan mindful eating, kita tahu apa yang dibutuhkan tubuh kita. Kita tidak lagi mengejar kepuasan saja ketika makan tapi benar-benar menyediakan kebutuhan tubuh kita. Karena dengan menjaga makan, tidak hanya kesehatan tubuh yang kita peroleh namun juga kesehatan mental. 

 

Manfaat mindful eating

 

Ketika kita menerapkan mindful eating kita dapat memakan lebih sedikit dan cukup namun tetap memenuhi kebutuhan nutrisi kita. Sehingga dapat menjaga kesehatan kita dengan optimal. Berikut ini manfaat mindful eating

 

 

  • Weight loss

 

 

Mindful eating dapat membuat kita memakan lebih sedikit namun tetap cukup dan memenuhi semua nutrisi yang kita butuhkan. Dengan begitu kita dapat terhindar dari makan secara terus menerus, cravings, emotional eating, dan external eating yang dapat membuat berat badan kita naik tak terkendali hingga obesitas(5)

 

Dengan mindful eating kita memperbaiki hubungan kita dengan makanan. Emosi negatif yang berhubungan dengan makanan akan tergantikan oleh kesadaran, peningkatan kontrol diri ketika makan dan emosi yang lebih positif(6).




 

  • Mengurangi kerakusan

 

Terkadang ketika kita berada dalam pesta pernikahan, ulang tahun sahabat, atau berkunjung ke rumah nenek banyak sekali makanan dihadapan kita. Karena sangat terjangkau kita akan secara tidak sadar makan dengan rakus meskipun perut sudah penuh.  Dengan berlatih mindful eating kita akan lebih terkendali untuk tidak rakus meskipun begitu banyak makanan yang menggiurkan dalam jangkauan kita(7)

 

 

  • Lebih bersyukur terhadap makanan

 

Ketika kita mindful dengan makanan kita, kita akan memakannya dengan penuh rasa syukur. Karena ketika kita makan kita akan menyadari bahwa makanan dihadapan kita memerlukan cara yang sangat rumit untuk sampai dihadapan kita. Harus ditanam dulu, disirami berbulan-bulan, diantar ke pasar, harus di masak, lalu baru sampai di piring kita. Maka memakan dengan mindful eating seperti tindakan untuk mengapresiasi upaya seluruh pihak yang bekerja keras untuk menghadirkan makanan di piring kita.

 

Kesimpulan

Mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran dapat membuat diet kita berhasil. Karena kita akan mengetahui respon tubuh kita ketika memakan dengan begitu kita tahu kebutuhan tubuh kita dan bisa menurutinya. Sehingga kita terhindar dari kerakusan yang dapat membuat kita obesitas dan terjangkit penyakit lainnya. 

 

Jadi, mindful eating bagaikan kryptonite bagi kerakusan, craving, dan seluruh hubungan yang tidak baik kita pada makanan. Frustasi mengapa diet selalu gagal? Mungkin karena belum pernah mencoba mindful eating.



Reference:

(1) Janet M. Warren, Nicola Smith, & Margaret Ashwell (2017)

(2) Christian H. Jordan, Wan Wang, Linda Donatoni, Brian P. Meier (2014)

(3) Jeanne Dalen, dkk (2010)

(4) Evelyn Tribole & Elyse Rech - Intuitive Eating

(5) Albert J Stunkard & Kelly Costello Allison (2003)

(6) Jennifer Daubenmier, dkk (2011)

(7) Shawn N Katterman, dkk (2014)