Rekomendasi Kaldu Sehat Aman untuk MPASI

Menambahkan kaldu dalam menu MPASI si kecil memang memberikan beberapa manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan selera  yang prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam sehingga lebih memilih kaldu instan untuk anaknya.

Yang jadi pertanyaan, kira-kira boleh nggak sih memberikan kaldu instan untuk MPASI si kecil? Berikut rekomendasi dari dokter!

Manfaat Kaldu untuk MPASI

Seperti yang Anda tahu, kaldu adalah cairan yang dihasilkan dari rebusan aneka bahan makanan, seperti daging, tulang, sayuran, dan rempah-rempah dalam air. Berikut ini adalah manfaat kaldu untuk MPASI si kecil:

  1. Kaldu bisa memberikan nutrisi tambahan dalam menu MPASI si kecil karena mengandung sari dari bahan-bahan yang digunakan.
  2. Menambahkan kaldu juga bisa memperkaya cita rasa makanan yang disajikan, harapannya si kecil jadi makan lebih lahap. 
  3. Kaldu juga bisa memperbaiki tekstur makanan yang terlalu kental atau kasar sehingga lebih mudah ditelan dan dicerna oleh si kecil.

Bolehkah Menggunakan Kaldu Instan untuk MPASI? 

Melihat manfaatnya, menambahkan kaldu dalan menu MPASI si kecil memang disarankan. Tapi bagaimana ya dengan kaldu instan? Apa diperbolehkan?

Mengutip laman Primaku, dr. Lucyana Alim Santoso Sp.A menjawab pertanyaan ini.

"Pada dasarnya, pemberian kaldu instan pada MPASI diperbolehkan selama tidak mengandung garam, gula, dan MSG yang tinggi atau melebihi rekomendasi IDAI dan WHO", tulisnya. 

Tapi jika selera makan si kecil sudah baik meski makanannya tidak mengandung tambahan kaldu instan dan berat badannya pun naik dengan normal, maka hal ini tidak diperlukan karena bisa diasumsikan bahwa asupan makanannya sudah mencukupi kebutuhan anak.

Rekomendasi Kaldu Sehat untuk MPASI

Sebaliknya, kalau Anda berhadapan dengan si kecil yang sulit makan sampai-sampai kenaikan berat badan dan pertumbuhannya tidak sesuai, pemberian kaldu instan bisa jadi salah satu solusinya. 

Namun, sekali lagi Anda harus memastikan jika kaldu instan tersebut bebas MSG, rendah gula dan garam, juga tidak mengandung bahan yang memicu alergi si kecil. Pastikan juga kalau kaldu instan pilihan Anda sudah mengantongi izin keamanan pangan minimal dari BPOM. 

Syukurlah, semua kriteria di atas bisa Anda temukan di Pura Seasoning Powder yang secara khusus diformulasikan Kids & MPASI friendly — no sugar, no MSG, non GMO & gluten free, dan yang paling penting sudah mengantongi izin BPOM dan sertifikat Halal MUI. Tak cuma itu, Pura Indonesia juga telah tersertifikasi ISO 22000 sehingga keamanan pangannya sudah pasti terjamin. 

Pura Seasoning Powder tersedia dalam 3 varian rasa, Pura Kaldu Ayam, Pura Kaldu Sapi, dan Pura Kaldu Jamur yang 100% dibuat menggunakan bahan dan rempah-rempah asli, tanpa pengawet ataupun pewarna sintetik sehingga bisa menjadi pilihan terbaik untuk MPASI dan keluarga.

Terakhir, ada baiknya juga kalau Anda memilih kaldu instan kemasan kecil karena biasanya jangka waktu pemakaian kaldu instan MPASI relatif lebih cepat. Ini juga bertujuan agar Anda lebih mindful saat menambahkannya dalam makanan si kecil. 

Soal ini, Anda tak perlu khawatir karena selain tersedia dalam kemasan 100 gram, Pura Seasoning Powder juga tersedia dalam ukuran mini sachet 20 gram dengan ziplock sehingga aman dibawa-bawa kalau Anda sedang traveling. Solutif banget, ya!