Ini Dia Keuntungan Kaldu Non MSG untuk Pelengkap MPASI Bayi

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi dan harus diberikan secara eksklusif terutama 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi meningkat sehingga MPASI perlu diberikan. Namun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan baik, selain bahan pokok MPASI, orang tua juga perlu memilih kaldu non MSG sebagai pelengkap MPASI. Pasalnya, kaldu jenis ini dapat memberikan beberapa keuntungan untuk tubuh bayi. Yuk simak apa saja keuntungannya! 

Pengenalan MPASI dan Pentingnya Kaldu Non MSG 

Sebelum memberikan MPASI pada bayi, pastikan terlebih dahulu kalau bayi siap menerima MPASI. Hal ini dapat dilihat dari tanda-tanda seperti bayi sudah dapat mengontrol kepala dengan baik, mampu duduk dengan tegak, membuka mulut saat disuapi, dan memperlihatkan minatnya pada makanan.  

Setelah itu, pastikan untuk memberi MPASI dengan tekstur yang encer dan mengubah teksturnya perlahan sesuai dengan usia dan kemampuan bayi. Selain memastikan berbagai jenis makanan dalam MPASI agar bayi mendapat nutrisi yang diperlukan, penting juga untuk orang tua memilih kaldu non MSG. Hal ini dilakukan karena kaldu ini memberikan berbagai jenis manfaat yang tentunya lebih aman dan sehat bagi bayi yang baru mengenal makanan selain ASI. 

Bayi Makan

Kaldu Non MSG Lebih Aman untuk Sistem Pencernaan Bayi 

Bayi memiliki sistem pencernaan yang masih dalam tahap perkembangan dan belum sempurna. Oleh karena itu, makanan yang diberikan seharusnya tidak membebani sistem pencernaan. Kaldu non MSG dengan kandungan garam yang lebih rendah lebih mudah dicerna sehingga penyerapan nutrisi terjadi secara optimal.  

Selain itu, kaldu ini mampu menjaga keseimbangan elektrolit bayi. Bahan-bahan yang alami juga bersifat hypoallergenic sehingga lebih aman bagi bayi yang memiliki alergi terhadap makanan. 

Bagaimana Kaldu Non MSG Mendukung Tumbuh Kembang Bayi? 

Kaldu MPASI non MSG memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti zinc dan zat besi yang lebih tinggi. Kedua mineral ini sangat krusial dalam perkembangan otak bayi. Selain itu, jika kebutuhan zinc dan zat besi terpenuhi, bayi dapat terhindar dari potensi anemia dan stunting. 

Meningkatkan Nafsu Makan dan Variasi Rasa 

Bahan-bahan alami seperti daging, ayam, ikan, atau sayuran mengandung glutamat atau perasa alami yang memberikan cita rasa gurih yang dapat meningkatkan nafsu makan anak. Oleh karena glutamat memberikan rasa gurih alami, orang tua tak perlu menambahkan kaldu MSG yang mengandung pengawet ke dalam MPASI. Selain itu, aroma kaldu yang lebih kental dan kaya bisa menggugah nafsu makan anak. 

Menambahkan Rasa Tanpa Pengawet

Bahan penyedap rasa yang ada di pasaran umumnya mengandung pengawet yang kurang baik jika dikonsumsi oleh bayi. Tetapi, dalam menyiapkan menu MPASI tentunya orang tua perlu memikirkan rasa makanan yang enak dan tetap sehat. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan penyedap rasa berbahan pengawet dihindari dan dapat digantikan dengan kaldu non MSG yang lebih aman untuk bayi dan kandungan kaya nutrisi. Kaldu non MSG sebagai alternatif makanan bayi tetap lezat tanpa kandungan bahan pengawet pada penyedap rasa. 

nutrisi lengkap

Kaya Nutrisi dan Mudah Diserap 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kaldu non MSG jauh lebih mudah diserap oleh pencernaan. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Kita ambil contoh dengan penggunaan kaldu MSG. Sering kali, MSG mengganggu penyerapan beberapa nutrisi penting seperti zinc dan zat besi. Tidak adanya MSG secara langsung mempengaruhi penyerapan nutrisi yang optimal.  

Bahan alami dari kaldu non MSG juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan asam amino yang penting untuk tumbuh kembang bayi dan meningkatkan sistem imun. 

Menghindari Risiko Efek Samping MSG 

Menggunakan kaldu non MSG berarti kita bisa menghindari sang buah hati dari berbagai risiko berbahaya penggunaan MSG. Misalnya saja reaksi alergi yang menyebabkan gatal, ruam, dan bengkak pada bayi. Selain itu, karena MSG terbuat dari bahan kimia, ini bisa saja berbahaya bagi kesehatan bayi. Terlebih efek jangka panjang bisa menyebabkan obesitas dan gangguan perkembangan otak pada bayi.  

Fleksibilitas dalam Resep MPASI 

Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian MPASI juga ditujukan untuk memperkenalkan rasa pada bayi. Oleh karena itu, ada baiknya jika MPASI dibuat dengan lebih variatif. Kabar baiknya, kaldu MPASI non-MSG memiliki rasa yang cenderung netral sehingga kita bisa menambahkan berbagai macam rempah, sayur, atau daging lainnya sesuai selera bayi. Bahkan, kita juga bisa menambahkan buah-buahan tanpa harus khawatir rasa yang tidak seimbang. 

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan keuntungan kaldu non MSG. Saat memilih kaldu non MSG, pastikan untuk memilih kaldu yang terbuat dari bahan alami dan segar. Selain itu, perhatikan juga kandungan garam dan gula dalam kaldu MPASI untuk memastikan kesehatan si kecil. 

Rekomendasi Kaldu Non MSG Terbaik

Setelah mengenal beragam keuntungan kaldu non MSG sebagai pelengkap MPASI bayi, inilah saatnya untuk memilih yang terbaik. Temukan kelezatan dan kualitas dalam Kaldu Pura dari Pura Indonesia, bumbu penyedap alami yang sempurna untuk memperkaya rasa masakan Anda. Jadikan pilihan cerdas untuk keluarga dengan memilih Kaldu Pura, pilihan terbaik untuk menambah aroma dan kelezatan hidangan sehari-hari.

 

Whatsapp: 08175788899
Line: puraindonesia
Youtube: Pura Kitchen