Hal Penting yang Perlu Dilakukan Ketika Anak Tumbuh Gigi

Hal Penting yang Perlu Dilakukan Ketika Anak Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi merupakan proses alami yang dialami hampir semua bayi. Masa ini bisa menjadi waktu yang penuh tantrum dan rewel bagi Si Kecil, dan tak jarang membuat orang tua bingung bagaimana cara menenangkannya. Tak perlu khawatir, berikut beberapa tips dan trik yang bisa dicoba untuk membantu Si Kecil melewati masa tumbuh gigi dengan lebih nyaman:

1. Sajikan Makanan dengan Tekstur Lembut

Peralihan dari ASI atau susu formula ke makanan padat mungkin terhambat saat bayi tumbuh gigi. Untuk itu, orang tua dapat menyajikan makanan dengan tekstur yang lebih lembut dan mudah ditelan, seperti bubur, puree, atau potongan buah yang dimasak hingga lunak. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir rasa sakit saat bayi mengunyah.

2. Coba Selingi dengan Makanan Dingin

Memberikan makanan atau minuman dingin dapat membantu meredakan rasa nyeri dan bengkak pada gusi. Orang tua dapat memberikan buah-buahan dingin seperti pisang atau melon yang dipotong kecil-kecil, yoghurt dingin, atau air putih dingin. Hindari memberikan es batu secara langsung karena berisiko tertelan dan membahayakan bayi.

Bayi sedang makan brokoli

3. Menghindari Makanan dan Minuman yang Iritasi

Saat tumbuh gigi, gusi bayi menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi. Hindari memberikan makanan yang keras, asam, atau pedas, seperti keripik, jeruk, atau cabai. Hindari juga minuman manis dan bersoda yang dapat memperburuk rasa tidak nyaman pada gusi.

4. Pijat Lembut pada Gusi

Pijatan lembut pada gusi dapat membantu meredakan rasa nyeri dan bengkak. Gunakan jari yang bersih atau kain basah yang dingin untuk memijat gusi bayi dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Pijatan ini juga dapat membantu melancarkan proses keluarnya gigi.

5. Penggunaan Teether atau Gigitan Bayi

Teether atau gigitan bayi adalah benda yang didesain khusus untuk digigit oleh bayi saat tumbuh gigi. Teether biasanya terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA, serta memiliki tekstur yang bervariasi untuk merangsang gusi bayi. Pilihlah teether yang dingin untuk memberikan efek pereda nyeri yang lebih maksimal.

6. Menambahkan Kaldu Sebagai Nutrisi Saat Tumbuh Gigi

Kaldu merupakan sumber nutrisi yang mudah dicerna dan kaya akan mineral, seperti kalsium dan fosfor, yang penting untuk pertumbuhan gigi yang sehat. Orang tua dapat memberikan kaldu buatan sendiri atau kaldu instan yang rendah sodium. Tambahkan kaldu pada sup, bubur, atau makanan lainnya untuk meningkatkan rasa dan nilai gizi. Memberikan kaldu kepada bayi saat tumbuh gigi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan sekaligus meredakan rasa tidak nyaman pada gusi.

Tumbuh gigi merupakan proses alami yang pasti dilalui oleh semua bayi. Dengan memahami cara-cara yang tepat untuk meredakan rasa tidak nyamannya, orang tua dapat membantu si kecil melewati fase ini dengan lebih tenang dan bahagia. 

Rekomendasi Kaldu MPASI NON MSG Terbaik Sebagai Variasi Rasa MPASI

Sekarang setelah memahami langkah penting yang harus diambil saat anak Anda tumbuh gigi, saatnya menemukan solusi terbaik untuk mendukung proses ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati dengan mencoba Kaldu MPASI NON MSG dari Pura Indonesia, yang terjamin kehalalannya dan aman untuk kesehatan. Kunjungi website kami sekarang untuk mendapatkan rekomendasi produk dan informasi lebih lanjut!

Whatsapp: 08175788899
Line: puraindonesia
Youtube: Pura Kitchen