Cek Fakta, Benarkah MPASI Rasanya Harus Hambar?

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan tahap penting dalam perkembangan bayi. Namun, ada banyak mitos yang berkembang seputar bagaimana seharusnya rasa MPASI. Salah satu yang paling umum adalah anggapan bahwa MPASI harus hambar. Mari kita bahas lebih lanjut apakah ini mitos atau fakta.

Mitos: MPASI Harus Hambar

Ada kepercayaan luas bahwa MPASI harus tidak memiliki rasa, yaitu tanpa garam, gula, atau bumbu apa pun. Ide ini didasarkan pada gagasan bahwa bayi perlu merasakan makanan dalam bentuknya yang paling murni untuk menghindari penolakan di masa mendatang atau untuk melindungi kesehatan mereka. Namun, pandangan ini lebih merupakan mitos daripada fakta. 

Faktanya, memberikan makanan yang benar-benar hambar tidak diperlukan dan bisa membatasi pengalaman rasa bayi. Penelitian menunjukkan bahwa bayi mampu dan siap untuk mengenal berbagai rasa sejak dini, dan paparan ini dapat membantu mereka lebih terbuka terhadap makanan baru di masa depan.

Mitos: Bayi Tidak Memerlukan Variasi Rasa

Beberapa orang percaya bahwa bayi tidak membutuhkan variasi rasa dan bahwa rasa hambar adalah yang terbaik. Namun, penelitian menunjukkan bahwa bayi mulai mengembangkan preferensi rasa bahkan sejak dalam kandungan, berdasarkan rasa dari makanan yang dikonsumsi ibu. 

Mengenalkan berbagai rasa sejak dini bisa membantu menghindari kesulitan makan di kemudian hari. Bayi yang terbiasa dengan berbagai rasa cenderung memiliki penerimaan yang lebih baik terhadap makanan baru dan lebih sedikit risiko menjadi pemilih makanan di kemudian hari.

Fakta: Variasi Rasa Penting untuk Perkembangan Sensorik

Menurut ahli nutrisi dan pediatri, mengenalkan berbagai rasa dan tekstur pada bayi sangat penting untuk perkembangan sensorik mereka. Variasi rasa dapat membantu bayi mengembangkan palet rasa yang lebih luas, yang bisa mendorong mereka untuk lebih terbuka terhadap mencoba makanan baru saat bertambahnya usia. 

Memberikan berbagai rasa dalam MPASI tidak hanya merangsang indera pengecap bayi tetapi juga mendukung perkembangan kognitif mereka. Dengan memberikan makanan yang beragam, orang tua membantu bayi mereka mengeksplorasi dan mengapresiasi berbagai rasa yang ada dalam makanan.

Variasi Rasa MPASI dengan Kaldu Pura

Memperkenalkan variasi rasa dalam MPASI bisa dilakukan dengan cara yang sehat dan aman menggunakan kaldu pura. Salah satu keunggulan utama kaldu pura adalah kandungan natrium yang rendah. Kaldu ini dibuat tanpa tambahan gula dan MSG, sehingga sangat aman untuk pencernaan bayi yang masih sensitif. 

Kaldu pura juga menggunakan bahan-bahan alami seperti daging, tulang, dan sayuran yang telah direbus lama, menghasilkan kaldu yang kaya rasa dan nutrisi. Dengan kaldu pura, Anda bisa memberikan variasi rasa pada MPASI tanpa khawatir tentang bahan-bahan tambahan yang tidak sehat. Ini membantu bayi mengembangkan palet rasa yang lebih luas dan terbiasa dengan berbagai jenis makanan sejak dini.

Takaran Bahan Makanan Sesuai Usia Si Kecil

Menyesuaikan takaran bahan makanan sesuai dengan usia bayi sangat penting untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang tepat tanpa berlebihan. Ketika menggunakan kaldu pura dalam MPASI, penting untuk menyesuaikan jumlah yang diberikan. Sebagai contoh, untuk membuat masakan MPASI lebih nikmat, Anda bisa menambahkan ¼ sendok teh kaldu Pura Salmon. 

Takaran ini cukup untuk memberikan rasa yang kaya tanpa membebani pencernaan bayi. Kaldu Pura Salmon, dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, tidak hanya menambah rasa tetapi juga memberikan asupan nutrisi tambahan yang bermanfaat bagi perkembangan bayi. Menggunakan takaran yang tepat membantu bayi mendapatkan manfaat maksimal dari makanan mereka tanpa risiko berlebihan.

Kesimpulan

Mitos bahwa MPASI harus hambar tidak didukung oleh bukti ilmiah. Sebaliknya, mengenalkan berbagai rasa dan tekstur sejak dini sangat penting untuk perkembangan sensorik bayi dan dapat membantu menghindari kesulitan makan di masa depan. Jadi, orang tua tidak perlu ragu untuk memperkenalkan rasa yang bervariasi dalam MPASI bayi mereka, tentunya dengan tetap memperhatikan batasan yang sesuai seperti tidak menambahkan garam atau gula secara berlebihan. Dengan cara ini, bayi dapat menikmati pengalaman makan yang lebih kaya dan berkembang menjadi pemakan yang lebih sehat dan berani mencoba makanan baru.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Kaldu MPASI Terbaik?

Tak perlu lagi ragu, kelezatan MPASI tanpa MSG adalah pilihan terbaik untuk si kecil! Temukan segera kaldu MPASI NON MSG berkualitas premium dari Pura Indonesia dan berikan hanya yang terbaik bagi buah hati Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini, pesan sekarang juga!

 

Whatsapp: 08175788899
Line: puraindonesia
Youtube: Pura Kitchen