Cara Ampuh Boost BB Anak dengan Finger Food

Memiliki si kecil dengan berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang tua. Di masa pertumbuhan, asupan nutrisi yang tepat menjadi kunci utama untuk menunjang perkembangan optimal anak. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan berat badan anak adalah dengan memberikan finger food yang kaya nutrisi. Finger food adalah makanan pendamping ASI (MPASI) dengan tekstur yang mudah dipegang dan dimakan sendiri oleh bayi usia 6 bulan ke atas. Finger food tidak hanya membantu melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil, tapi juga menjadi cara menyenangkan untuk mengenalkan berbagai rasa dan tekstur makanan. 

Cara Membuat Finger Food dengan Kaldu Pura

Salah satu makanan yang mudah diolah dan dijadikan sebagai makanan finger food untuk anak adalah perkedel daging. Dengan menggunakan tambahan kaldu sapi dari PURA yang terbuat dari daging sapi dan rempah pilihan berkualitas tanpa penguat rasa (MSG), tanpa gula, pengawet dan pewarna sintetik, menjadikan makanan menjadi lebih lezat menggugah selera. 

Bahan

Bahan-bahan untuk membuat perkedel daging:

Bahan utama:

  • 100 gram daging sapi giling
  • 3 buah kentang, kupas, rebus, dan haluskan
  • 1 butir telur bebek
  • 4 siung bawang putih dan bawang merah
  • ½ buah wortel, bersihkan dan parut
  • 1 bungkus kaldu bubuk instan rasa sapi dari PURA
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng

Bahan pelapis:

  • 1 butir telur ayam, diaduk rata

Perkedel

Cara Membuat Perkedel Daging

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, masukan daging giling lalu masak hingga matang. 
  2. Tambahkan wortel yang sudah di parut, aduk hingga tercampur rata dengan tumisan daging. 
  3. Haluskan kentang yang sudah direbus lalu tuang tumisan daging. Tambahkan garam secukupnya dan tambahkan kaldu sapi dari PURA. Masukan 1 butir telur bebek. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  4. Bentuk adonan bulat-bulat atau sesuai selera. 
  5. Diamkan bola-bola adonan selama 60 menit di dalam lemari es. Hal ini agar adonan lebih padat dan mudah dibentuk.
  6. Siapkan 1 butir telur ayam dan aduk rata. Celupkan bola-bola adonan ke dalam telur. Pastikan seluruh permukaan bola terlapisi telur.
  7. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  8. Goreng perkedel daging hingga berwarna kuning keemasan dan matang. Angkat dan tiriskan.
  9. Perkedel daging siap dikonsumsi. 

Tips Menggunakan Finger Food Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Berat Badan Anak

Berikut beberapa tips jitu menjadikan finger food sebagai sahabat kenaikan berat badan anak:

1. Pilih Makanan Berkalori Tinggi

Prioritaskan finger food yang mengandung kalori tinggi untuk membantu anak mendapatkan energi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Contohnya, alpukat, pisang, yogurt, telur rebus, kacang-kacangan, dan keju.

2. Variasi Makanan

Hindari kebosanan dengan menawarkan berbagai macam finger food dengan rasa dan tekstur yang berbeda. Hal ini akan membantu anak mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap dan meningkatkan minat mereka untuk makan

3. Buat Makanan Menarik

Potong finger food dengan bentuk yang menarik menggunakan berbagai warna untuk meningkatkan daya tarik visual. Anda juga dapat menggunakan cetakan cookie atau bento box untuk membuat finger food yang lebih menarik.

4. Tawarkan Saus atau Dip yang Sehat

Saus atau dip dapat membantu meningkatkan rasa dan tekstur finger food. Pilihlah saus atau dip yang sehat dan bebas dari bahan pengawet, seperti saus alpukat, saus yogurt, atau hummus.

5. Tetapkan Jadwal Makan Rutin

Menawarkan finger food di sela-sela waktu makan utama dapat membantu anak mendapatkan kalori dan nutrisi tambahan. Tetapkan jadwal makan rutin untuk finger food, seperti dua hingga tiga kali sehari.

6. Jaga Makanan Tetap Segar dan Aman

Simpan finger food di wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Pastikan tangan anak dan peralatan makan yang digunakan selalu bersih sebelum dan setelah makan finger food.

7. Beri Contoh dari Perilaku

Orang tua adalah contoh terbaik bagi anak-anak. Tunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda menyukai makanan yang sehat dan bergizi dengan mengkonsumsinya sendiri.

8. Monitor Reaksi dan Preferensi

Perhatikan bagaimana reaksi anak terhadap finger food yang Anda tawarkan. Amati finger food mana yang paling mereka sukai dan hindari menawarkan finger food yang tidak mereka sukai.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menjadikan finger food sebagai sahabat kenaikan berat badan anak.

Meningkatkan berat badan anak dengan finger food bisa menjadi solusi mudah dan menyenangkan. Dengan variasi resep yang lezat dan kaya nutrisi, si kecil akan semakin lahap makan dan bertumbuh kembang dengan optimal. Jadikan momen makan bersama si kecil semakin berkesan dan ciptakan memori indah di masa pertumbuhannya.

Rekomendasi Kaldu NON MSG Sebagai Variasi Rasa Finger Food

Tingkatkan kualitas makanan pendamping si kecil dengan menambahkan variasi kaldu non-MSG dari Pura Indonesia pada finger food mereka. Dapatkan manfaat gizi maksimal dan rasa yang lezat tanpa khawatir tentang kandungan MSG. Coba sekarang dan lihat perbedaan yang dibawa pada pertumbuhan buah hati Anda!


Whatsapp: 08175788899
Line: puraindonesia
Youtube: Pura Kitchen