Bukan Hanya Enak, Tapi Superfood Punya Segudang Manfaat

Percaya atau tidak bahwa makanan memiliki 70% pengaruh pada kesehatan tubuh kita. Sehingga jadi hal penting untuk memilih konsumsi makanan setiap harinya. Salah satu jenis makanan yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah makanan kategori Superfood

Superfood merupakan kelompok makanan yang memiliki profil gizi dan nutrisi yang padat. Makanan ini kaya akan senyawa antioksidan, vitamin dan mineral yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa berisiko sebabkan gangguan masalah kesehatan salah satunya kanker. Selain itu, Superfood memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu mendetoksifikasi tubuh. Lalu, apa sebenarnya yang membuat jenis makanan ini Super?

Mengandung Antioksidan Tinggi

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Mereka memiliki peran penting untuk mencegah gangguan kesehatan salah satunya pembentukan sel kanker yang disebabkan oleh oksidasi radikal bebas di dalam organ tubuh kita.

Bersifat Anti Inflamasi

Sifat anti-inflamasi dalam superfood membantu mengurangi peradangan kronis, yang dapat menjadi faktor risiko salah satunya untuk perkembangan kanker.

Bantu Mendetoksifikasi Tubuh

Beberapa jenis Superfood mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh, menghilangkan toksin, sehingga mampu menjaga fungsi sel tetap sehat

Berikut adalah beberapa macam Superfood yang mudah ditemukan disekitar kita :

Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dikenal memiliki sifat anti-kanker. Senyawa ini dapat membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker dan merangsang sistem kekebalan tubuh

Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan yang disebut anthocyanin, yang telah terbukti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Tomat

Tomat mengandung likopen, sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV dan radikal bebas. 

Tempe

Tempe mengandung nutrisi kompleks yang tinggi, seperti vitamin, mineral, serta rendah kalori dan mengandung Isoflavon. Isoflavon merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sel tubuh.

Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, yang merupakan senyawa anti-kanker kuat. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari pertumbuhan kanker.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan di dalam mengkonsumsi Superfood khususnya terkait pengolahan bahan makanan ini. Jika dibutuhkan proses pengolahan, pastikan pilih bahan masakan pelengkap serta bumbu yang alami. Hindari penggunaan bahan makanan olahan industri atau ultra processed food yang umumnya mengandung garam, gula bahkan lemak tinggi serta bahan pangan tambahan lain. Seperti saus tomat, kecap, juice concentrate atau makanan kemasan lainnya. 

Gunakan teknik pengolahan yang tepat, hindari pemanasan berlebih yang mempu mengurangi lebih banyak nutrisi yang terkandung di dalam bahan makanan Superfood atau bahkan menghilangkan kandungan nutrisinya. 

Buat Olahan Superfood Lezat Dengan Menambahkan Bumbu Alami

Sekarang, tidak perlu bingung untuk bisa menambahkan bumbu alami yang praktis ke olahan Superfood untuk jadikan hasil masakan nikmat. Pilihan bumbu terbaik bisa kamu dapatkan dari PURA Kaldu yang tersedia dalam 3 varian yaitu Ayam Kampung, Sapi dan juga Jamur. 


PURA Kaldu merupakan kaldu bubuk yang terbuat dari bahan Asli tanpa adanya tambahan gula serta MSG. Hal ini yang membuat PURA Kaldu berbeda dengan kaldu bubuk lainnya. Selain itu, PURA Kaldu merupakan kaldu bubuk yang MPASI & Kids friendly dan bisa dikonsumsi sejak anak umur enam bulan.