Benarkah Garam Himalaya Lebih Sehat? Cek Faktanya!

Pasti sebagian dari kita sudah mengenal jenis garam yang satu ini. Garam Himalaya, atau yang dikenal sebagai Himalayan salt, kini menjadi pilihan banyak orang yang meyakini manfaatnya bagi kesehatan. Namun, apakah garam Himalaya benar-benar lebih sehat daripada jenis garam lainnya? Mari kita bahas dari sumbernya, manfaatnya, hingga tips penggunaannya

Sumber Garam Himalaya

Mungkin "Hidden Gem of Himalaya" adalah julukan yang tepat untuk jenis garam ini. Garam Himalaya tidak diperoleh dari laut lepas, melainkan dipanen dari sumber garam pegunungan Himalaya yang telah terbentuk selama ribuan tahun. Sumber garam ini berasal dari endapan laut yang mengering dan meninggalkan mineral di tanah, kemudian berubah menjadi garam dengan kualitas terbaik dan unik di dunia saat ini. 

3 Alasan Garam Himalaya Dianggap Lebih Sehat

Berikut adalah 3 alasan kenapa jenis garam ini dianggap lebih sehat dibanding garam meja biasa :

1. Kaya akan mineral

Garam Himalaya memiliki kandungan mineral yang jauh lebih kaya daripada garam meja biasa. Jenis garam ini mengandung lebih dari 80 mineral alami seperti magnesium, kalium, kalsium, dan tinggi akan seng yang memberi warna merah muda khas.

2. Lebih rendah natrium

Dalam perbandingan kandungan natrium antara garam meja biasa dan garam Himalaya, ternyata garam Himalaya memiliki kandungan natrium yang lebih rendah. Dikutip dari  www.health.kompas.com, kita bisa membandingkan kandungan natrium dari kedua jenis garam ini per satu gramnya.

Garam meja biasa mengandung:

  • 381 miligram natrium

Garam Himalaya mengandung:

  • 368 miligram natrium 

3. Minim kontaminasi 

Garam Himalaya diperoleh dari wilayah yang minim polusi, membuat jenis garam ini diyakini lebih bersih, alami, dan murni dibanding garam meja biasa.

 

Lalu, Apa Saja Manfaatnya Bagi Kesehatan kita, anak - anak bahkan keluarga?

4 Manfaat Baik Dari Garam Himalaya

1. Menjaga elektrolit tubuh

Kandungan mineral penting seperti natrium dan kalium pada garam Himalaya membantu menjaga keseimbangan elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang larut dalam tubuh dan membentuk ion positif dan negatif yang mendukung transmisi sinyal listrik melalui sel-sel saraf dan otot agar tubuh tetap stay active. Ini sangat penting, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan.

2. Mendukung kekuatan tulang dan gigi

Kalsium dan magnesium merupakan beberapa mineral lain yang membantu menjaga kekuatan tulang serta gigi. Mineral – mineral ini pun juga terkandung dalam garam Himalaya. 

3. Memperkuat sistem imun tubuh

Kandungan mineral mikro seperti seng serta selenium pada garam Himalaya ternyata juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan atau imun tubuh. Sehingga ini membantu kita lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. 

4. Seimbangkan pH tubuh

Natrium yang terkandung pada garam Himalaya tidak nyatanya tidak hanya  membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh tetapi juga bantu menyeimbangkan pH tubuh. 

Dari keempat manfaat ini, bisa jadi kita semakin tertarik untuk menggunakan garam Himalaya dalam masakan sehari-hari. Namun, perlu diingat juga untuk tetap mengontrol penggunaannya agar tidak berlebihan. Berbicara penggunaan jenis garam ini, ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu simak agar lebih paham mendalam. 


Tips cara pakai garam Himalaya yang perlu kamu tahu

1. Sebagai bumbu masakan

Penggunaan garam Himalaya sebenarnya mirip dengan garam biasa. kamu dapat menggunakannya dengan cara menaburkannya atau menambahkannya ke dalam masakan, seperti tumisan, rebusan, atau saat memarinasi daging panggang. Jumlah garam yang digunakan dapat disesuaikan sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu

2. Tambahkan garam Himalaya di akhir masakan

Perhatikan kapan kamu menambahkan garam ke masakan, baik itu garam Himalaya maupun garam laut. Terutama pada masakan sup, lebih baik menambahkan garam di akhir proses memasak untuk rasa yang lebih tepat dan mencegah keasinan. Hal ini bisa terjadi karena cairan dalam sup akan berkurang seiring pemasakan, sehingga menambahkan garam di awal dapat berisiko membuat sup terlalu asin.

 

Solusi praktis jadikan masakan nikmat dengan Seasoned Himalayan salt pertama di Indonesia. 

Apabila kamu ingin memilih dan menggunakan garam Himalaya sebagai pelengkap kelezatan masakan di rumah untuk anak-anak atau keluarga, mungkin kamu perlu tahu bahwa sekarang sudah ada Seasoned Himalayan Salt pertama di Indonesia.

PURA Himalayan Salt, merupakan garam Himalaya murni yang memiliki kualitas terbaik. Dipadukan dengan cincangan bawang putih atau lada hitam, menjadikan garam ini sebagai Seasoned Himalayan Salt pertama di Indonesia yang praktis. Mengandung mineral yang kaya serta kandungan natrium yang lebih rendah, membuat PURA Himalayan Salt Garlic atau Blackpepper menjadi solusi praktis bagi ibu di rumah. Dapatkan PURA Himalayan Salt dan buktikan bedanya sekarang.