Maltodekstrin dalam kaldu MPASI : Amankah untuk Bayi ? Yuks, Cari tahu!

Maltodekstrin dalam kaldu MPASI : Amankah untuk Bayi ? Yuks, Cari tahu!

Ada kalanya anak kita tiba-tiba menolak makan dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu, biasanya ini penyebabnya bisa diatasi dengan memperbaiki feeding rules, mengganti menu makanan, memberikan sedikit gula garam sesuai batasan usia anak dan memberikan penambah cita rasa seperti kaldu ke dalam makanan.

Telah kita ketahui bersama, kaldu cukup popular di kalangan para ibu karena rasanya yang gurih, membangkitkan selera makan dan bernutrisi. Kaldu ini bisa kita buat sendiri dirumah bahkan menggunakan panci saja, namun pembuatannya memakan waktu yang cukup lama. Hal tersebut seringkali menjadi penghalang seorang ibu yang waktu nya terbatas di dapur untuk memberikan kaldu ke anaknya. Namun, sekarang sudah banyak diperjual belikan kaldu baik cair maupun bubuk yang lebih tahan lama dipasaran untuk mengisi kebutuhan para ibu dengan waktu terbatas ini. Sayangnya, ada banyak produk yang kandungannya tidak murni 100% bahan asli, salah satunya mengandung maltodextrin.

Maltodextrin adalah salah satu jenis karbohidrat yang telah melalui banyak sekali tahapan proses atau disebut juga ultra processed food, yang berasal dari pati jagung, beras, kentang, gandum dan tapioka. Maltodextrin juga dikenal sebagai food additive karena dapat meningkatkan rasa, kekentalan dan umur simpan suatu produk. Di sisi lain, maltodextrin juga memiliki glikemic index yang bahkan lebih tinggi dari gula pasir dan sering digunakan sebagai pemanis dalam makanan dan minuman kemasan. Penggunaanya di kaldu bubuk sebagai food additive yang dapat meningkatkan rasa, kekentalan dan umur simpannya. Efek tidak baik yang bisa dirasa jika anak-anak mengkonsumsi kaldu bubuk dengan maltodextrin adalah peningkatan kadar gula darah yang mendadak, obesitas dan risiko diabetes dikemudian hari.

Maka dari itu, penting kita sebagai orangtua menjadi pembeli yang cerdas dengan memeriksa daftar komposisi produk kaldu yang ingin kita beli. Hindari produk kaldu yang mengandung maltodextrin, pengawet, pewarna sintetik, perasa sintetik, gula garam tinggi dan MSG. Contoh rekomendasi kaldu yang aman untuk anak seperti kaldu bubuk dari Pura, yang mengandung bahan alami, tanpa maltodextrin, pengawet, pewarna sintetik, perasa sintetik, MSG, tidak mengandung gula dan rendah garam.

Kesimpulan

Kaldu bubuk dapat digunakan sebagai bagian dari MPASI bayi, dengan syarat mengandung bahan-bahan alami, tanpa maltodextrin, pengawet, pewarna sintetik, perasa sintetik, gula garam tinggi dan MSG. Pilihlah produk kaldu bubukmu dengan baik dengan membaca label kemasannya.

Kaldu Pura dapat menjadi solusi aman untuk para ibu yang tidak memiliki waktu untuk membuat kaldu sendiri dirumah. Kaldu Pura tidak hanya aman tapi juga enak rasanya dengan kebaikan bahan-bahan didalamnya untuk si buah hati Anda.