9 Tips Memasak dengan Kaldu Non-MSG untuk Anak Picky Eater, Kaya Akan Nutrisi

9 Tips Memasak dengan Kaldu Non-MSG untuk Anak Picky Eater, Kaya Akan Nutrisi

Anak-anak dengan perilaku picky eater sering kali menghindari makanan karena tekstur, warna atau aromanya. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Salah satu strategi untuk mengatasinya dengan menggunakan kaldu non-MSG yang kaya nutrisi dalam berbagai resep. Tidak hanya menambah rasa pada masakan, tetapi juga memberikan nilai gizi yang lebih baik tanpa bahan tambahan yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa tips memasak yang dapat membantu Anda menyajikan makanan yang lebih menarik dan bergizi bagi anak-anak picky eater.

1. Gunakan Kaldu Sebagai Dasar untuk Masakan Favorit

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan cita rasa dan nilai gizi makanan adalah dengan menggunakan kaldu non-MSG sebagai dasar. Rasa kaldu yang lezat akan membuat hidangan menjadi lebih nikmat, sehingga anak-anak lebih berselera untuk makan. Misalnya, saat memasak nasi, sup, pasta, bahkan masakan seperti risotto atau semur Anda bisa mengganti air biasa dengan kaldu.

2. Tambahkan Sayuran yang Diolah Halus

Sayuran sering kali menjadi kendala bagi anak-anak picky eater. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkreasikan masakan seperti membuat sup krim sayuran. Caranya, olah sayuran hingga halus dan campurkan ke dalam masakan kemudian tambahkan kaldu non-MSG. Selain lebih lezat makanan juga akan lebih bergizi dan sehat.

3. Buat Saus dari Kaldu

Saus merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan cita rasa makanan. Gunakan kaldu non-MSG sebagai dasar untuk membuat saus yang dapat digunakan pada pasta, daging panggang, atau kentang rebus. Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti rempah-rempah, bawang, atau krim agar lebih gurih. Dengan cara ini, anak-anak akan menikmati hidangan dengan tambahan nutrisi.

ilustrasi sup ayam

4. Kombinasikan dengan Protein yang Anak Sukai

Ketika menyajikan makanan, pastikan untuk mengkombinasikan kaldu non-MSG dengan protein yang disukai anak. Misalnya, jika anak menyukai ayam, buatlah sup ayam dengan kaldu non-MSG dan tambahkan potongan ayam. Jika mereka menyukai ikan, buatlah saus ikan yang lezat menggunakan kaldu. Kombinasi ini tidak hanya akan memberikan rasa yang familiar tetapi juga meningkatkan asupan protein yang dibutuhkan oleh anak.

ilustrasi kreasi nasi

5. Sajikan Makanan dalam Bentuk yang Menarik

Penampilan makanan sangat penting bagi anak-anak. Sajikan makanan dalam bentuk yang menarik, seperti mencetak nasi dalam bentuk bulat dan menghiasinya dengan sayuran dengan bentuk yang kreatif. Cara tersebut dapat meningkatkan minat anak untuk mencoba dan menikmati hidangan.

6. Buat Makanan Dalam Porsi Kecil, Bertahap

Anak-anak sering kali merasa terbebani ketika disajikan porsi besar. Dengan kaldu non-MSG yang menambah rasa, cobalah untuk memberikan makanan dalam porsi kecil secara bertahap. Misalnya, sajikan sup dalam mangkuk kecil, diikuti dengan potongan roti yang dicelupkan ke dalam kaldu.

7. Gunakan Kaldu untuk Membuat Finger Food

Pada penelitian ilmiah berjudul Analisis Perilaku Picky Eater Pada Anak oleh Adelia Audinah, menjelaskan bahwa “Perilaku picky eater adalah kesulitan makan yang ditandai dengan gejala yaitu makan hanya sedikit, sulit mencoba makanan baru, secara total menghindari beberapa makanan dan memiliki makanan yang sangat disukainya.”  

Oleh karena itu, memberikan finger food menjadi salah satu cara meningkatkan nafsu makan anak karena mudah di genggam. Dengan membuat masakan seperti bola daging atau nugget dan mencampurkan kaldu non-MSG, selain mendorong keinginan mereka untuk makan, kaldu dapat memberi nutrisi bagi pertumbuhan.

8. Campur Kaldu dalam Makanan Ringan

Memberi makanan ringan atau camilan bisa menjadi alternatif anak untuk makan, misalnya dengan membuat roti kukus, bubur, sup, atau pancake. Gunakan kaldu non-MSG sebagai pengganti air untuk menambah cita rasa pada hidangan tersebut agar lebih sehat. 

9. Libatkan Anak dalam Memilih Bahan

Salah satu cara untuk meningkatkan minat anak dalam makanan adalah dengan melibatkan mereka dalam proses pemilihan bahan makanan. Dengan mengajak anak memilih sayuran atau bahan lain yang mereka suka, anak cenderung untuk mencoba makanan yang dihasilkan. Sebagai bahan dasar, Anda dapat menggunakan kaldu non-MSG.

Kesimpulan

Menghadapi anak picky eater memang tidak mudah, tetapi dengan menggunakan kaldu non-MSG yang kaya nutrisi, Anda bisa membuat makanan yang lebih menarik dan tentunya memberikan kelezatan. Dengan menggabungkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan asupan gizi pada anak sekaligus mengajarkan mereka untuk menyukai berbagai jenis makanan.

Rekomendasi Kaldu NON MSG Terbaik

Setelah mengetahui 9 tips memasak dengan kaldu non-MSG untuk anak picky eater, kini saatnya Anda menemukan produsen kaldu non-MSG berkualitas premium hanya di Pura Indonesia. Dapatkan pilihan kaldu terbaik untuk masakan sehat dan lezat keluarga Anda!

Whatsapp: 08175788899
Line: puraindonesia
Youtube: Pura Kitchen